Isi Artikel Utama

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Dan tujuan KKN adalah agar Mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu teknologi dan dalam upaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan, Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara prakmatis dan interdisipliner, untuk menambah wawasan Mahasiswa memotivasi masyarakat dalam membangun desa,  untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang cara-cara dalam bermasyarakat. Adanya Kuliah Kerja Nyata mempunyai sasaran agar mahasiswa dapat menjadi generasi yang siap pakai dan sekaligus calon penerus pembangunan utamanya di daerah pedesaan, baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Dan laporan ini bertujuan untuk menunjukan hasil dari kegiatan KKN pada masa pandemic Covid-19  yang kami lakukan dalam waktu kurang lebih satu bulan ini, Berdasakan hasil nya kami bisa melakukan sebuah Program Kerja yang telah kami susun, membantu desa dalam beberapa kegiatan, dan menyelenggarakan 4 Webinar untuk Komunitas Maya. Di dalam laporan ini juga berisikan informasi tentang Desa Sindangpalay yang dimana menjadi tempat kami melaksanakan kegiatan KKN.

Kata Kunci

KKN Covid-19 Community Webinars KKN Covid-19 Webinar Masyarakat

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hidayat, M., Multajam, S. I., Adha, S. N., Andyarini, E. D., Farhan, M., Aulia, H., Sidiq, R. F., Nisa, Z. K., Firmanto, A., Afifah, V. N., & Agustin, Y. H. (2022). Pemenuhan Kebutuhan Komunitas Maya Dan Pandu Digital Kepada Perangkat Desa di Desa Sindangpalay. Jurnal PkM MIFTEK, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.33364/miftek/v.3-1.1293

References

  1. Tim Dosen Abdimas, Pengabdian Masyarakat Batch 3 Melalui Video Conference Google Meet & Zoom Meeting: Strategi Bertahan UMKM dalam Masa Pandemi Covid 19, CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.
  2. Jubilee Enterprise, Ms Excel Untuk Administrasi Desa, Elex Media Komputindo, 2020.
  3. A. Desiani, S. Yahdin, I. Irmeilyana, and D. Rodiah, “Inovasi digitalisasi promosi potensi dan produk usaha masyarakat desa berbasis website di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan,” Riau J. Empower., vol. 3, no. 1, pp. 49–59, 2020, doi: 10.31258/raje.3.1.49-59.
  4. N. D.-S. Viii, “Pengabdian Masyarakat Dengan UMKM Surabaya Berbasis Online Menggunakan Media Video Conference Google Meet” no. 842, p. 2020, 2020.
  5. A. Ramadhan, “Contoh Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Jakarta di Pasauran, Banten” 21 Oktober 2015. [Online]. Available: http://ariframadhansetu.blogspot.com. [Accessed 18 Agustus 2021].
  6. M. F. Ramdani, "Laporan KKN Bersama Melawan Covid19" Pendampingan adaptasi Kebiasaan Baru Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid19", Pusat Pengembangan KKN, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2020.