Isi Artikel Utama

Abstrak

Pada masa pandemi covid-19 ini, banyak sekali masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu masalah yang dihadapi yaitu mengenai perekenomian yang lesu di era pandemic dan pembelajaran daring yang sekarang sedang di gerakan oleh pemerintah. Permasalahan yang utama dalam perekonomian adalah kurangnya kreatifitas masyarakat untuk meningkatkan ekonomi mereka di era pandemic seperti saat ini. Sementara itu, permasalahan yang utama dalam pembelajaran daring dimulai dari guru yang hanya memberikan tugas tanpa penjelasan yang jelas kepada siswanya, siswa yang tidak mempunya perangkat teknolologi seperti smartphone, tidak ada nya jaringan internet dan motivasi belajar siswa yang kurang dalam menghadapi pembelajaran daring ini. Pengabdian Komunitas Maya ini kami tunjukkan untuk meningkatkan ide dan kreativitas masyarakat dalam peningkatan ide untuk memanfaatkan komoditi lokal dalam peningkatan ekonomi, kemudian berusaha untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengolah materi pembelajaran dan meningkatkan kerjasama siswa dalam menghadapi pembelajaran daring. Metodologi yang digunakan adalah metodologi Integrasi peserta KKN, dimana dalam metode pelaksanaan nya menggunakan metode kombinasi, namun kegiatan online lebih mendominasi dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara offline terkait dengan protocol kesehatan. Hasil yang dicapai yaitu dengan meningkatnya ide dan kreatitas masyarakat dalam mengolah komoditi lokal mereka dapat meningkatkan perekonomian di desa Karyamukti dan dengan meningkatnya kemampuan guru dalam mengolah materi pembelajaran daring dan siswa dapat mengakses dan memahami materi dalam melaksanakan proses pembelajaran daring.


 

Kata Kunci

Covid-19 Economy Ideas Learning Online Society Students Teachers Covid-19 Daring Ekonomi Guru Ide Masyarakat Pembelajaran Siswa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Taptajani, D. S. ., Saputra, A. S., Faujan, S. K. A., Maulana, I., Ramadhan, D. R., Setiawan, D., Yahya, A., Suherman, T. H., Mulyadi, H., Saprudin, V., Nugraha, J. M., & Hakim, A. S. (2022). Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Komunitas Maya Kepada Masyarakat Desa Karyamukti di Era Covid-19. Jurnal PkM MIFTEK, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.33364/miftek/v.3-1.1297

References

  1. Alfaqi, M. Z. (2016). Mendorong Peran Pemuda Dalam Pencegahan Korupsi Melalui Pendidikan Anti Korupsi. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 19–24.
  2. Setiawan, R., Ikhwana, A., & Muhidin, A. M. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Algoritma, 14(2), 245–255.
  3. Suhartati, R., Mardiana, U., & Nurpalah, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penggunaan Hand Sanitizier dan Masker Sebagai Upaya Preventif Terhadap Covid-19. BANTENESE-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26–33.
  4. Suud, M., & Harsono. (2006). 3 orientasi kesejahteraan sosial. Prestasi Pustaka.
  5. Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 59–70.