Isi Artikel Utama

Abstrak

Mayoritas pelaku UMKM di Desa Sukamenak sebagian besar berpendidikan SD dan SMP sehingga dapat dikategorikan berpendidikan rendah. Hal ini berdampak terhadap peningkatan kapasitas produksi dan pemasaran. Permasalahan yang utama dalam pengetahuan pemasaran dimulai dari pelaku UMKM terutama kopi papandak dan gula aren yang hanya memasarkan produk tanpa dukungan iklan baik itu secara tradisional maupun digital. Program pelatihan Seminar Literasi Digital mengenai peningkatan pemasaran UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memasarkan produk dan meningkatkan kualitas pengetahuan tentang pemasaran. Metodologi yang digunakan adalah metodologi Integrasi Relawan TIK, dimana dalam metode pelaksanaannya menggunakan metode offline. Hasil yang dicapai yaitu dengan meningkatnya pengetahuan pelaku UMKM dalam pemasaran produk sehingga membantu peningkatan kapasitas pemasaran UMKM kopi papandak dan gula aren.

Kata Kunci

digital pemasaran UMKM digital pemasaran UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Supriatna, A. D. ., Naufal, S. D., Bintang, M., Pertiwi, A. I., Nuraeni, S., Amelia, S., Herlina, L., Arianto, M. J., Mutaqien, R., Nasrulloh, A., Ajijah, A. N. I., Jembar, T. H., Abdussalam, I., Aliansyah, D. E., Fahreza, R., Rohimat, M. G. F., Rustandy, S., Alamsyah, H., Lestari, A., & Diningrat, G. A. H. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Proses Produksi dan Pemasaran. Jurnal PkM MIFTEK, 3(2), 115–120. https://doi.org/10.33364/miftek/v.3-2.1317

References

    Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2022). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
    Cahyana, R. (2018). Integrasi Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Pendidikan Tinggi. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 2(2), 61. https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i2.204
    Jatiningrum, C., Muharlisiani, L., Rahayu, S., & Ramadhani, A. (2021). Pengembangan UMKM Melalui Peningkatan Pemasaran Produk Kripik Tempe di Desa Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1 SE-Articles), 1–6. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/264
    Sartika, D., Syarif, A., & Firmansyah, A. P. (2022). Membangun Motivasi Dan Kreatifitas Milenial Melalui Talkshow Millenial for Entrepreneur. Abdimas Patikala, 1(4), 266–271. https://etdci.org/journal/patikala/article/view/428/188
    Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.