Isi Artikel Utama
Abstrak
UMKM dituntut untuk mampu bersaing dan menciptakan produk yang dapat diterima, tidak hanya oleh konsumen dalam negeri (Indonesia) tetapi juga konsumen di Asia Tenggara. UMKM mampu menopang usaha besar, seperti menyediakan bahan mentah, suku cadang, dan bahan pendukung lainnya. Oleh karena itu melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, Kelompok 10 KKN melakukan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang berada di Desa Wanaraja selama 1 bulan. Dengan tujuan untuk membantu dan memberikan pemahaman betapa sangat berpengaruhnya branding dan desain kemasan dalam pemasaran produk di pasaran. Adapun hasil yang dicapai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, produk mereka akan memiliki branding dan logo produk serta dapat memasarkan produk UMKM secara online.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19 1. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222.
- Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
- Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.
- Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497
- Siregar, V. A., Jamri, J., Fikri, K. M. S. N. S., & Azhar, A. (2021). Pemberdayaan KKN Tematik dalam Meningkatkan Sikap Pemahaman Remaja terhadap Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 205–211.
- Valentino, D. E. (2018). Perancangan Logo Brand Identity Sandpiper Sebagai Upaya Peningkatan Brand. In Tematik (Vol. 5, Issue 2, pp. 40–53). https://doi.org/10.38204/tematik.v5i2.158
References
Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19 1. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.
Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497
Siregar, V. A., Jamri, J., Fikri, K. M. S. N. S., & Azhar, A. (2021). Pemberdayaan KKN Tematik dalam Meningkatkan Sikap Pemahaman Remaja terhadap Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 205–211.
Valentino, D. E. (2018). Perancangan Logo Brand Identity Sandpiper Sebagai Upaya Peningkatan Brand. In Tematik (Vol. 5, Issue 2, pp. 40–53). https://doi.org/10.38204/tematik.v5i2.158