Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan KKN literasi digital di desa merupakan salah satu alternatif pilihan yang ditawarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada perguruan tinggi dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di desa dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa melalui penggunaan digital. Tujuan pengabdian ini adalah melakukan literasi digital ke pada masyarakat sebagai penunjang program kerja Kemkominfo dengan target minimum 500 orang terliterasi dengan metode pelaksanaan seminar dan door to door ke warga secara langsung. Hasil pos test menunjukan permateri yaitu: Digitalisasi Kebudayaan dan TIK yaitu 94.00, dari materi Dgital Citizenship yaitu 96.80 dan dari materi Mengenal Dompet Digital, Lokapasar, Dan Transaksi yaitu 96.70.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- Bonate, P. L. (2000). Analysis of Pretest-Posttest Designs. Chapman and Hall/CRC.
- Hayati, I. (2020). Penguatan Manajemen Keuangan Syariah Bagi Umkm Dengan Menggunakan Metode Door To Door Di Desa Kotasan. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 180–191. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i2.1783
- Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. (2022a). Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39488/siaran-pers-no-15hmkominfo012022-tentang-budaya-digital-membaik-indeks-literasi-digital-indonesia-meningkat/0/siaran_pers
- Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. (2022b). Pemerataan Infrastruktur TIK Dukung Akselerasi Transformasi Digital. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39231/pemerataan-infrastruktur-tik-dukung-akselerasi-transformasi-digital/0/artikel
- Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/Joong-Ki/article/view/832
- Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 411–427. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-411-
- Setiawati, A., Ajizah, D. N., Anisa, N. N., Ambarwati, P., Izzati, Z. A. N., & Erika, F. (2021). The 21St Century Skills on Chemistry Learning Based on Virtual Lab in Senior High School. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(1), 27–39. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n1.p27-39
References
Bonate, P. L. (2000). Analysis of Pretest-Posttest Designs. Chapman and Hall/CRC.
Hayati, I. (2020). Penguatan Manajemen Keuangan Syariah Bagi Umkm Dengan Menggunakan Metode Door To Door Di Desa Kotasan. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 180–191. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i2.1783
Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. (2022a). Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39488/siaran-pers-no-15hmkominfo012022-tentang-budaya-digital-membaik-indeks-literasi-digital-indonesia-meningkat/0/siaran_pers
Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. (2022b). Pemerataan Infrastruktur TIK Dukung Akselerasi Transformasi Digital. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39231/pemerataan-infrastruktur-tik-dukung-akselerasi-transformasi-digital/0/artikel
Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/Joong-Ki/article/view/832
Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 411–427. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-411-
Setiawati, A., Ajizah, D. N., Anisa, N. N., Ambarwati, P., Izzati, Z. A. N., & Erika, F. (2021). The 21St Century Skills on Chemistry Learning Based on Virtual Lab in Senior High School. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(1), 27–39. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n1.p27-39