Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini membahas penerapan strategi pendidikan literasi digital yang kreatif dan menyenangkan di desa Sukasenang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik, mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam masyarakat teknologi, dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah model jigsaw, di mana peserta didik bekerja dalam kelompok kecil dengan beragam kemampuan. Program ini menggunakan media tulis dan audio visual untuk mendukung pemahaman peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan 4 jenis tahapan kegiatan yang telah dilaksanakan, terdiri dari: tahap sosialisasi program, tahap pelatihan, tahap pengimplementasian, dan tahap evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan oleh KKN kelompok 17 dihargai oleh peserta didik, dengan 85% peserta didik menyukainya. Namun, masih ada tantangan dalam meningkatkan minat peserta didik dalam proses belajar. Program ini berpotensi memberikan dampak positif pada pengembangan literasi digital di pedesaan dan metode pembelajaran yang inovatif. Diharapkan bahwa keberlanjutan program ini akan membantu peserta didik lebih aktif dalam belajar literasi digital dan mendorong inovasi dalam pendidikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pendidikan literasi digital yang kreatif dan menyenangkan dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan literasi digital di lingkungan pedesaan.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- Admin. (2023). Berikut 10 Alasan Pentingnya Literasi Digital di Kalangan Masyarakat Desa. DIGIDES. https://digitaldesa.id/artikel/berikut-10-alasan-pentingnya-literasi-digital-di-kalangan-masyarakat-desa
- Anitah, S. (n.d.). Strategi Pembelajaran. 1–30.
- Bircunews. (2023). KKN Kelompok 17 ITG Laksanakan Seminar Literasi Digital di Desa Sukasenang.
- Dasar, D. S. (2023). Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. Media Center Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/literasi-digital-bagi-tenaga-pendidik-dan-anak-didik-di-era-digital#
- Dirgantara, W. (2023). KKN Kelompok 17 ITG Telah Laksanakan Kegiatan Seminar Literasi Digital di Desa Sukasenang.
- Haris. (2023). Seminar Literasi Digital KKN Tematik ITG.
- Huda, M. (2013). IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XIIPS 4 MAN KEDIRI II KOTA KEDIRI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
- Juniardi, W. (2023). Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw beserta Tujuan, Ciri-Ciri, Langkah-Langkah dan Contoh Sintaks. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/model-pembelajaran-jigsaw/
- Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
- Marti’in. (2019). ANALISIS TENTANG RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PONTIANAK. Untan.Ac.Id, Learning Interest.
- Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
- Nawawi, M. (2013). pentingnya interaksi dalam pendidikan. Slideshare. https://www.slideshare.net/SangkeYriezpleyyboy/pentingnya-interaksi-dalam-pendidikan
- News, K. G. (2023). KKN Kelompok 17 ITG Telah Melaksanakan Kegiatan Seminar Literasi Digital di Desa Sukasenang.
- Shintia. (2022). Manfaat Tekhnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Merdeka Belajar. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/manfaat-tekhnologi-digital-terhadap-motivasi-belajar-peserta-didik
- Yuwono, I. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2015–2020.
References
Admin. (2023). Berikut 10 Alasan Pentingnya Literasi Digital di Kalangan Masyarakat Desa. DIGIDES. https://digitaldesa.id/artikel/berikut-10-alasan-pentingnya-literasi-digital-di-kalangan-masyarakat-desa
Anitah, S. (n.d.). Strategi Pembelajaran. 1–30.
Bircunews. (2023). KKN Kelompok 17 ITG Laksanakan Seminar Literasi Digital di Desa Sukasenang.
Dasar, D. S. (2023). Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. Media Center Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/literasi-digital-bagi-tenaga-pendidik-dan-anak-didik-di-era-digital#
Dirgantara, W. (2023). KKN Kelompok 17 ITG Telah Laksanakan Kegiatan Seminar Literasi Digital di Desa Sukasenang.
Haris. (2023). Seminar Literasi Digital KKN Tematik ITG.
Huda, M. (2013). IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XIIPS 4 MAN KEDIRI II KOTA KEDIRI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Juniardi, W. (2023). Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw beserta Tujuan, Ciri-Ciri, Langkah-Langkah dan Contoh Sintaks. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/model-pembelajaran-jigsaw/
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Marti’in. (2019). ANALISIS TENTANG RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PONTIANAK. Untan.Ac.Id, Learning Interest.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nawawi, M. (2013). pentingnya interaksi dalam pendidikan. Slideshare. https://www.slideshare.net/SangkeYriezpleyyboy/pentingnya-interaksi-dalam-pendidikan
News, K. G. (2023). KKN Kelompok 17 ITG Telah Melaksanakan Kegiatan Seminar Literasi Digital di Desa Sukasenang.
Shintia. (2022). Manfaat Tekhnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Merdeka Belajar. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/manfaat-tekhnologi-digital-terhadap-motivasi-belajar-peserta-didik
Yuwono, I. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2015–2020.