Isi Artikel Utama

Abstrak

Lingkungan yang bersih dari sampah merupakan lingkungan yang sangat diharapkan oleh setiap orang. Jumlah sampah yang dihasilkan oleh manusia akan semakin meningkat sebanding dengan terjadinya pertambahan jumlah penduduk, jenis aktivitas dan tingkat konsumsi penduduk terhadap suatu barang. Desa Mekarjaya merupakan desa di kecamatan Bayongbong Kabupaten garut yang memiliki penduduk sebanyak 1187 orang. Dari jumlah penduduk tersebut sangat berkemungkinan terjadinya penumpukan sampah jika tidak dikelola dengan baik. Pada kegiatan KKN Tematik Institut Teknologi Garut tahun 2023 telah teridentifikasi bahwa terdapat penumpukan sampah di suatu lokasi yang belum terorganisir. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini salah satunya akan dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan yang merajuk pada kebersihan lingkungan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih terorganisir dan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan membersihkan lingkungan bersama, pengadaan bak sampah dan penyuluhan pemilahan sampah untuk mengedukasi warga akan pentingnya pengelolaan sampah untuk mencapai kebersihan lingkungan.

Kata Kunci

bersih KKN lingkungan sampah

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purnamasari, I., Mubarok, G. I., Sari, W., Praharja, Y., Febriansyah, A. S., Nasihin, M., Yusup, C. P., Akmal, M., Permana, D. S., Kirani, G., Dewi, E. P., Yasin, Y., Kustiana, R. M., Sidqi, M. A. A., Humaira, A. R. R., Ajis, A., Maulana, H., Nafisa, D. Y., Fadhilah, M. Y. A., & Supriadi, A. (2023). PENYULUHAN PENGELOLAAN SAMPAH GUNA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BERSIH DAN NYAMAN DI KECAMATAN BAYONGBONG. Jurnal PkM MIFTEK, 4(2), 89-99. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-2.1465

Referensi

Apriansyah, M. R., & Sushanty, V. R. (2022). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Penyuluhan Peduli Lingkungan Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan PEngabdian, 02, 447-460.
Candrawati, N. K., Mahadewi, K. J., Yanti, N. K., Sumartana, I. W., & Nilayanti, N. P. (2022). Pengadaan Tempat Sampah Sebagai Wujud Implementasi Pemilahan Sampah di Desa MArga Dajan Puri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 482-493.
Farkhan, M., Zamroni, M., Adriansyah, G., & Hatta, M. (2018). Pembuatan Bak Sampah Untuk Peduli Lingkungan Di Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01, 32-27.
Hadiarti, D. (2016). Penyuluhan Pemisahan Sampah Organik dan Anorganik di SDN 32 dan SD Duta Sungai Asam. Buletin Al-Ribaath, 1, 61-63.
Nadeak, T., Supriadi, A., & Asyir, A. A. (2022). Pengadaan TEmpat Sampah Guna Meningkatkan Lingkungan yang Bersih dan Sehat di Desa Kutaampel. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian, 2, 2366-2374.
Ndibale, W., & Nahdatunnisa. (2017). Penyuluhan Pengelolaan Sampah dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kelurahan Puday Kecamatan Abeli Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 104-115.
Paramitha, L. R., & Widiantari, K. S. (2022). Penyuluhan Pemilahan dan Pengelolaan Sampah di Desa Sidakarya Denpasar Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kaibon Abhinaya, 4, 26-32.
Pramita, R. A., & Morin, Z. (2019). Training of Making Organic and Non Organic Waste In The Comunity Of kampung Teluk Dore Makbon District Sorong West Papua. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 2, 40-48.
Ramly, Amin, M. S., Febrian, A., Nurilah, Nurfitrah, W., Erna, A., . . . Fatimah, S. (2022). Pembuatan tempat sampah sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di Desa Kakullasan Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju. Jurnal Lepa-lepa Open, 1, 911-919.
Setyawan, P. E. (2016). Penyulihan Tentang Pengelolaan Sampah dan Pembuatan Tempat Sampah Unik dari Pipa PVC untuk Masyarakat Desa Srigading Kecamatan Lawang. ABDIMAS Unmer Malang, 1, 30-35.
Studyanto, A. B., Pratiwi, S. N., Ali, K., Mu'arrifa, M., Azkia, N. Z., Karim, N. M., . . . Afifunnisa, S. (2022). Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Pengadaan Tempat Sampah di Desa Adiraja Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1890-1895.
Sujarwo, & Wijayanto, T. B. (2021). PENGADAAN DAN PERBAIKAN TEMPAT SAMPAH YANG ADA DI LINGKUNGANMASYARAKAT SERTA MENGIKUTI PROGRAM BERSIH LINGKUNGAN TERJADWAL DAN SASARANNYA DI KELURAHAN KEBONSARI RT 05/RW 02 KECAMATANJAMBANGAN KOTA SURABAYA. SEMINAR NASIONAL PATRIOT MENGABDI, 1.
Sulistianto, A., & Taryono. (2020). Penyuluhan Metode Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Rowo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2, 57-67.