Isi Artikel Utama

Abstrak

Bentuk pengabdian pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Hegarmanah, Tim Penulis ikut andil dalam mengembangkan pendidikan dan pengetahuan peserta didik SMPN 3 Bayongbong agar melek digital. Tujuannya untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan keterampilan dalam penggunaan teknologi salah satunya bidang desain grafis. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah workshop dan demonstrasi, di mana peserta didik belajar dengan cara dibimbing kemudian mempraktikkan apa yang mereka pelajari. Program ini melibatkan sosialisasi, pelatihan, penerapan, dan evaluasi. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik tentang desain grafis khususnya penggunaan aplikasi Canva dan alat desain dan konsep-konsep yang berkaitan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi peserta didik dalam membuat sebuah Desain Grafis. Selain itu, berdasarkan survey yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test peserta pelatihan terdapat peningkatan penguasaan dan pemahaman desain grafis dari 20% ke 66%.

Kata Kunci

Canva Demonstrasi Desain Grafis Hegarmanah KKN Tematik Workshop

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sutedi, A., Kamil, Z. I., Maulana, F., Zahran, F. F., Rosarina, R., Hermansyah, M., Gopur, M., Nur Ihsan, I. A., Sadiah, R., Nurlela, N., Jaelani, A. A. K., Firginia, R., Zahrahaq, E., Herian, A. M., Manikam, M., Aulya, S. T. A., Malik, L. A., Hanan, M. I., Firmansyah, L., Pratama, G. E., & Iswandi, W. A. (2023). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS PESERTA DIDIK DESA HEGARMANAH MENGGUNAKAN CANVA. Jurnal PkM MIFTEK, 4(2), 107-112. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-2.1468

Referensi

Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 300-309.
Hendry Wijaya, D. B. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Perangkat Desa Pada Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai Lilin. Jurnal Manajemen Kompeten, 39-55.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 10-15.
Huda, N., Istiawan, D., Mahiruna, A., Sulistijanti, W., & Wijayaningrum, T. N. (2023). Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis Anggota Perhimpunan Human Resources Development Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 37-45.
Isnain, A. R., Sulistiani, H., Darwis, D., & Yasin, I. (2023). Pelatihan Desain Konten Media Sosial menggunakan Canva. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service (JEIT-CS), 206-210.
Kuswanto, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika, 78-84.
Nugraha, F. N., Suwarsono, L. W., & Aisha, A. N. (2023). Pelatihan Canva Untuk Guru PG & TK Arcamanik Sebagai Media Pembelajaran Digital. ABDIMASKU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 447-455.
Sanisah, S., Mas'ad, M., Edi, E., Rochayati, N., Zulkarnain, L. M., Arif, A., . . . AR, J. B. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pendidik Sekolah Dasar Dalam Membuat Media Pembelajaran Multimedia Berbantuan Aplikasi Canva For Education. JCES (Journal of Character Education Society), 95-108.
Yuliati, T. (2020). Pelatihan Komputer Grafis Sebagai Upaya Peningkatan Softskill Bidang Desain Dan Editing Pada Stt Dumai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 77 - 80.
Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 229-234.