Isi Artikel Utama

Abstrak

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan untuk menentukan kelulusan. Kurangnya pemahaman terkait karya tulis ilmiah menjadi permasalahan utama bagi siswa dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh tim KKN dapat menjadi solusi dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait karya tulis ilmiah. Metode pembelajaran yang dilakukan adalah menggunakan Contextual Teaching and Learning. Metode pembelajaran ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terkait dengan karya tulis ilmiah. Dalam kegiatan pengajaran yang dilakukan, hasil pembelajaran menunjukan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa dengan ditandai oleh hasil ujian sebesar 83,72% soal yang diberikan kepada siswa terkait karya tulis ilmiah dapat dijawab dengan benar.

Kata Kunci

KKN Tematik Karya Tulis Ilmiah Mengajar Contextual Teaching and Learning Pengabdian

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mubarok, M. S., Waldy Kariman, M., Salam, F., Silcilia, P., Fiqri Muzahidat, S., Faruk Romdoni, S., Rahmat, A., Ridwan Firdaus, M., Fahmi Assidiq, M., Saptahadi Ilmasik, H., Esa Saputra, R., Subarkah, A., Nurhasna Fauziyah, R., Ramadhan, S., Beni Okta Sari, C., Idris Purnama, F., Ezar Benandika, M. R., Zayin, R., Mu’min, M., Sungkono Nanda Putra, A., & Zulfa Faiha, H. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ANWAR. Jurnal PkM MIFTEK, 4(2), 113-118. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-2.1469

Referensi

Arqam. (2019). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU: KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Journal Peqguruang: Conference Series, 1-8.
Baiq Rina Amalia Safitri, P. H. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA. Abdi Masyarakat, 41-44.
Bisma, L. (2023, Januari 27). ruangguru. Diambil kembali dari Pahami Pengertian, Ciri, Jenis & Contoh Karya Tulis Ilmiah, Yuk! | Bahasa Indonesia Kelas 11: https://www.ruangguru.com/blog/jenis-jenis-karya-tulis-ilmiah
Heriyudanta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Di Indonesia. ASCARYA Journal, 47-55.
Heryansyah, T. R. (2017, November 17). ruangguru. Diambil kembali dari Karakteristik Karya Tulis Ilmiah beserta Tujuan dan Manfaatnya | Bahasa Indonesia Kelas 11: https://www.ruangguru.com/blog/karakteristik-karya-tulis-ilmiah-beserta-tujuan-dan-manfaatnya
Irwan, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 235-245.
Kebudayaan, K. P. (2021, Januari 18). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil kembali dari Kurikulum Prototipe Utamakan Pembelajaran Berbasis Proyek: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/01/kurikulum-prototipe-utamakan-pembelajaran-berbasis-proyek
Maria Ulfah, A. F. (2013). Teknik Peer-Correction Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1-3.
Nawindah, L. F. (2021). Penigkatan Keterampilan Siswa Pusat Kegiatan belajar Masyarakat Melalui Pelatiha Penggunaan Microsoft Word. Adi Pengabdian Kepada Masyarakat , 12-18.
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 16-23.
Rahmatullah, I. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 19-25.
Zabir, A. (2018). PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 LANRISANG KABUPATEN PINRANG. 5-6.
Zulfadhli, M. (2022). Pengetahuan Tentang Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Baru: Hasil Prates Menggunakan Google Form. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1-10.