Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan dan tingkat pemahaman masyarakat desa Mekarsari terhadap pentingnya budaya Literasi Digital di era global, salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mana kegiatan didalamnya terdapat door to door akan pemahaman dompet digital dan etika digital dan kegiatan seminar literasi digital di desa yang mana kegiatan tersebut didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) untuk mendorong percepatan pembangunan di desa dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa melalui penggunaan dompet digital dan bermedia sosial. Kementrian Komunikasi dan Informatika KOMINFO dengan target minimum 300 orang terliterasi dengan metode pelaksanaan seminar dan door to door ke warga secara langsung. Hasil door to door di desa mekarsari menunjukan banyaknya masyarakat yang terliterasi berjumlah 245 orang, sedangkan untuk masyarakat yang mengikuti Seminar literasi digital yaitu 152 orang.

Kata Kunci

KOMINFO Kuliah Kerja Nyata Literasi Digital Dompet Digital KOMINFO Kuliah Kerja Nyata Literasi Digital Dompet Digital

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahayu, S., Kilin, M. A. D., Nurohman, I., Bunyamin, W., Imaduddin, R. A., Wahid, A. A., Mubarok, M. H. S., Palaha, F. H., Amal, M. B. I., Fitria, D., Fatwa, J. M., Latifah, S., Jaelani, M. J. J., Solihah, I., Sinta, A. R., Ramdhani, G., Husaeni, D. H., Nurjaman, A., Rusmana, A. F., & Azima, T. M. (2023). LITERASI DIGITAL SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KECAKAPAN MASYARAKAT DESA DALAM PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DAN BERMEDIA SOSIAL DI ERA GLOBAL. Jurnal PkM MIFTEK, 4(2), 131–138. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-2.1472

References

  1. Metode Door To Door Di Desa Kotasan. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 180–191. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i2.1783
  2. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. (2022a). Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39488/siaran-pers-no-15kominfo012022-tentang-budaya-digital-membaik-indeks-literasi-digital-indonesiameningkat/0/siaran_pers
  3. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. (2022b). Pemerataan Infrastruktur TIK DukungAkselerasiTransformasiDigitalKominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39231/pemerataan-infrastruktur-tik- dukung-akselerasi-transformasi-digital/0/artikel
  4. Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/Joong- Ki/article/view/832
  5. Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 411–427.
  6. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-411-
  7. Setiawati, A., Ajizah, D. N., Anisa, N. N., Ambarwati, P., Izzati, Z. A. N., & Erika, F. (2021). The 21St Century Skills on Chemistry Learning Based on Virtual Lab in Senior High School. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(1), 27–39. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n1.p27-39