Isi Artikel Utama

Abstrak

Kesadaran etika online/digital dan kemampuan memilah informasi sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Kesadaran dan kemampuan tersebut telah kami analisis di Desa Mekarjaya, sebuah pedesaan yang terletak di Kecamatan Bayongbong, Garut. Dengan mayoritas penduduknya sebagai petani dan buruh tani, literasi digital menjadi aspek penting dalam upaya pengembangan potensi masyarakat di era digital yang terus berkembang. Siswa-siswa di Desa Mekarjaya juga semakin terhubung secara online, namun mereka seringkali dihadapkan pada keterbatasan akses internet dan kurangnya kesadaran tentang etika online. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pentingnya membangun kesadaran etika online dan kemampuan memilah informasi di kalangan siswa-siswa Desa Mekarjaya. Untuk mencapai tujuan ini, program literasi digital dan pengarahan etika digital telah diimplementasikan di salah satu SMP di desa Mekarjaya yaitu SMP Plus Persis Al-Manar. Metode yang digunakan mencakup ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang literasi digital dan etika digital, serta perbaikan dalam perilaku online mereka. Penelitian ini memberikan pandangan penting tentang tantangan dan potensi literasi digital di pedesaan dan menawarkan solusi dalam bentuk program pendidikan yang relevan.

Kata Kunci

Mekarjaya Village, KKN, Digital literacy Desa Mekarjaya, KKN, Literasi digital

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purnamasari, I., Ikhsanul Mubarok, G. ., Sari, W., Praharja, Y., Sani Febriansyah, A., Nasihin, M., Purnama Yusup, C., Akmal, M., Satia Permana, D., Kirani, G., Puspa Dewi, E., Yasin, Y., M kustiana, R., Affan Al Sidqi, M., Rani Rosalba Humaira, A., Ajis, A., Maulana, H., Yulianti Nafisa, D., Yassin Al Fadhilah, M. ., & Supriadi, A. (2025). MEMBANGUN KESADARAN ETIKA ONLINE DAN KEMAMPUAN MEMILAH INFORMASI SISWA DESA MEKARJAYA. Jurnal PkM MIFTEK, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.33364/miftek/v.6-1.1473

References

    1. Ajani Restianty. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan, 1(No 1), 1”“16.
    2. Biji Bintang Habibitasari, & Ema Rizki Novida. (2023). Penanaman Etika Bermedia Sosial bagi Anggota Duta Kampus UKM Pengembangan Diri STIKES Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 1(1), 14”“32. https://doi.org/10.54832/judimas.v1i1.86
    3. Makkawaru Maspa. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(No. 3), 1”“4.
    4. Muchtarom, M., Pramanda, A. Y., & Hartanto, R. V. P. (2018). Penguatan Etika Digital Pada Siswa Untuk Menanggulangi Penyebaran Berita Bohong (Hoax) Di Media Sosial Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Paedagogia, 21(2), 142. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i2.23922
    5. Nyiayu Fahriza Fuadiah. (2021). Integrasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pgri Provinsi Sumatera Selatan Dan Universitas Pgri Palembang, 1”“5.
    6. Setiawan, R., Tata, M., Khoerul Anam Siedik, N., Sundari, A., Yulistiani, S., Siti Nursifa, F., Nurhidayanti, S., Rohayani, S., Yuzar Azwardhi, M., Buchori, N., Rifaldi, M., Septyan Putra, R., Ardiansyah, R., Lukmanul Hakim, L., Faisal Juliana Ibrahim, M., Nugraha, D., Nurhidayati, S., Yuliani Agustin, N., & Audi Ireland, N. (2023). Literasi Digital Sebagai Peningkatan Pemahaman Masyarakat Dengan Door To Door Dan Seminar. Jurnal PkM MIFTEK, 4(No. 1), 1”“6. http://jurnal.itg.ac.id
    7. Shendy Maftalia Fifadhilni. (2022). TEKNIK KOMBINASI:Metode Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab.