Isi Artikel Utama
Abstrak
Mayoritas pelaku UMKM di Desa Panembong sebagian besar berpendidikan SD dan SMP sehingga dapat dikategorikan berpendidikan rendah. Hal ini berdampak terhadap peningkatan kapasitas produksi dan pemasaran. Permasalahan yang utama dalam pengetahuan pemasaran dimulai dari pelaku UMKM terutama rajut dan rengginang yang hanya memasarkan produk tanpa dukungan iklan baik itu secara tradisional maupun digital. Program workshop pelatihan pemasaran digital mengenai peningkatan pemasaran UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memasarkan produk dan meningkatkan kualitas pengetahuan tentang pemasaran. Metodologi yang digunakan adalah metodologi Integrasi Relawan TIK, dimana dalam metode pelaksanaannya menggunakan metode offline. Hasil yang dicapai yaitu dengan meningkatnya pengetahuan pelaku UMKM dalam pemasaran produk sehingga membantu peningkatan kapasitas pemasaran UMKM rajut dan rengginang.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- , A. F. (2023). DAMPAK COVID - 19 TERHADAP UMKM.
- , M. N. (2023, november 16). pentingnya digital marketing.
- , N. D.–2. (2023, november 16). digital marketing. Retrieved from dailysocial.
- Firlyana, F. (2023, november 16). pemasaran digital.
- panembong, d. (2023, november 16). profil desa panembong kecamatan bayongbong kabupaten garut.
- Sari, B. R. (2020). Pengelolaan Keuangan Desa Ditinjau Dari Undang-Undang Desa Menuju Masyarakat Yang Mandiri. Lex Renaissance, 488-507.
References
, A. F. (2023). DAMPAK COVID - 19 TERHADAP UMKM.
, M. N. (2023, november 16). pentingnya digital marketing.
, N. D.–2. (2023, november 16). digital marketing. Retrieved from dailysocial.
Firlyana, F. (2023, november 16). pemasaran digital.
panembong, d. (2023, november 16). profil desa panembong kecamatan bayongbong kabupaten garut.
Sari, B. R. (2020). Pengelolaan Keuangan Desa Ditinjau Dari Undang-Undang Desa Menuju Masyarakat Yang Mandiri. Lex Renaissance, 488-507.