Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Ciela mengenai keamanan digital melalui kegiatan literasi digital. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur dan observasi dengan terjun langsung dalam kegiatan masyarakat. Kegiatan literasi digital dilakukan dengan menjadikan siswa-siswi SMK Bhakti Adi Husodo sebagai sasaran utama dari pemaparan pentingnya keamanan digital. Seminar literasi digital dilakukan dengan mengusung tema "Melek Literasi Digital, Cerdas di Era Digital" dan dibagi menjadi 3 sesi yaitu pembukaan, pemaparan, dan penutup. Pemaparan terdiri dari seminar kriminalitas siber dan seminar budaya siber. Pemateri mengenai kriminalitas siber akan diisi oleh Rickard Elsen, S.T., M.T. dan pemateri mengenai budaya internet akan diisi oleh Anjas Ninda Hatari, S.Arch., M.Arch. Literasi Digital juga dilakukan secara Door To Door dengan target masyarakat Desa Ciela dengan mengikuti kegiatan yang ada di masyarakat diantaranya posyandu, rapat desa dan Peringatan HUT RI. Pada kegiatan ini disosialisasikan materi kepada masyarakat tentang kecanduan gadget dan penggunaan aplikasi Youtube Kids untuk hiburan anak-anak. Berdasarkan data jumlah peserta, dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa-siswi SMK Bhakti Adi Husodo antusias mengikuti seminar. Hal ini membuktikan pentingnya keamanan digital untuk menunjang proses pembelajaran sehari-hari siswa-siswi.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Aisyah, N. H. (2021). Mahasiswa Cerdas Tangkal Berita Hoaks di Era Disrupsi melalui Literasi Digital. ALSYS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.11
- Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
- Sabrina, A. R. (2018). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37535/101005220183
- Ummah, A. H., & Kurniawan, A. (2020). LITERASI DIGITAL DAN PERAN STRATEGIS NET GENERATION DALAM MEMBANGUN KONTEN POSITIF DI MEDIA SOSIAL. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(2), Article 2.
- Andalas, P. S. (2021). STUDI LITERATUR PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis.
- JPKM. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,, 61 - 76. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpkm/article/viewFile/25370/18954
References
Aisyah, N. H. (2021). Mahasiswa Cerdas Tangkal Berita Hoaks di Era Disrupsi melalui Literasi Digital. ALSYS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.11
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Sabrina, A. R. (2018). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37535/101005220183
Ummah, A. H., & Kurniawan, A. (2020). LITERASI DIGITAL DAN PERAN STRATEGIS NET GENERATION DALAM MEMBANGUN KONTEN POSITIF DI MEDIA SOSIAL. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(2), Article 2.
Andalas, P. S. (2021). STUDI LITERATUR PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis.
JPKM. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,, 61 - 76. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpkm/article/viewFile/25370/18954