Isi Artikel Utama

Abstrak

KKN Tematik ITG kelompok 7 dilaksanakan di Desa Boyongbong. Penguatan UMKM secara optimal untuk membangun ekonomi bangsa, diperlukan peran UMKM tersebut serta dukungan dari pemerintah. Pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM  selama 1 bulan. Pengembangan UMKM scalling up usaha makanan dilakukan dengan pembuatan branding dan packaging UMKM produksi tahu. Perencanaan dalam scalling up dilakukan dengan lima tahap yaitu survei, pengenalan produk, pembuatan logo, penempatan branding dan serah terima.Baranding ini bertujuan meningkatkan dan mengembangkan UMKM sehingga dikenal masyarakat serta meningkatkan hasil penjualan. Kemasan yang menarik, menjadi dorongan konsumen untuk membeli produk ini. Saran untuk UMKM di Desa Boyongbong, untuk segera mengurusi legalitas UMKM sehingga administrasi jelas dan tercatat.

Kata Kunci

Branding Desain KKN Scalling Up UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sukirno, S., Algifari, M., Ramadhan, D., Ramadani, A., Alfarisi, M. T., Hermawan, D., Sopyan, A. W., Hidayat, D. J., Fathur Rohman, M. I., Madani, M. F. H., Andriani, R., Fisimar, F. A., Fauzi, H., Fauziah, R., Septiani, S., Nijar, A. F., Hakim, M., Ramadhan, R., Maolana, I., Nursaadah, S., & Triguna, M. I. (2024). PENGEMBANGAN UMKM SCALLING UP USAHA MAKANAN DI DESA BAYONGBONG. Jurnal PkM MIFTEK, 5(1), 39–45. https://doi.org/10.33364/miftek/v.5-1.1494

References

  1. Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 565–575. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.49
  2. Hamidah, Q. R., Sejati, A. T. P., & Mujahidah, A. Z. (2019). The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal with The Industrial Revolution 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 345. https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.38431
  3. Saefullah, E., Putra, A. R., & Tabroni, T. (2021). Inovasi Dan Pengembangan Umkm Emping Melinjo Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Optimalisasi Media Pemasaran Dan Alat Produksi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 291–299. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1111
  4. Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
  5. Setiawan, B., Vincent, & Andriyansah. (2017). The Effects of Brand Image on Online Perceived Quality, Online Brand Personality and Purchase Intention. International Journal of Economics and Business Administration, V(Issue 3), 70–80. https://doi.org/10.35808/ijeba/136
  6. Sugiyono. (2013). Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta - Penelusuran Google. R&D:Bandung: Alfabeta.