Isi Artikel Utama

Abstrak

Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital fokus pada bidang komunikasi digital yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat permasalahan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kesehatan Bhakti Kencana Garut pada bulan Agustus 2023. Penerapan metoda Problem-Based Learning (PBL) dipilih dalam pembelajaran simulasi dan komunikasi digital. Melalui penerapan metode PBL dalam pembelajaran SISKOMDIG, hasilnya siswa merasa lebih puas dengan pembelajaran dan mengalami peningkatan dalam pemahaman materi. PBL juga membantu mereka dalam menghadapi tantangan lingkungan dan bahasa yang rumit, seiring dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi. Dengan demikian, PBL telah membawa perbaikan yang nyata dalam pengalaman pembelajaran siswa SISKOMDIG, mengatasi hambatan internal dan eksternal yang sebelumnya dihadapi.  

Kata Kunci

Digital Komunikasi Simulasi SMK

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rezeki, P. M. S., Fakry, H., Ichsanuhaq, G., Andari, S. S., Fauziah, A., Ruswanda, R., Nurafifi, S. A., Akbar, F. F., Nurhasanah, U., Rahman, I. A., Suandi, I., Nugraha, I., Lusiani, R., Awalludin, T., Ramdhan, M., Auliya, N., Nurbani, M. D. J., Fujianti, R. A., Hisyam, N. M., Andarista, H. D., & Zhafirah, A. (2024). PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN SISKOMDIG. Jurnal PkM MIFTEK, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.33364/miftek/v.5-1.1496

References

  1. Abidin, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168
  2. Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa pada Materi Biologi. QuaggaApriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Pada Materi Biologi. Quagga, 9(1), 41–54., 9(1), 41–54.
  3. Ekonomi, J., & Salahudin Permadi dan, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SISKOMDIG Menggunakan Media E-Learning Si-Bajakah Dikelas X SMKN 3 Palangkaraya Analysis Of Learning Difficulties Of Students At Siskomdig Subjects Using Si-Bajakah E-Learning Media In Class X SMKN 3 Palangkaraya (Vol. 6). http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/
  4. Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
  5. Kusuma, I. R., Putro, S. C., & Soraya, D. U. (2019). Identifikasi Hasil Belajar Siskomdig Karena Efek POE Dibandingkan PRP Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 88. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.7213
  6. Marlina, N., Habibie, A., & Fitri, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Produktif, 5(1), 411-418.https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1005
  7. Putra, E., Rini, F., & I, I. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Belajar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 2(2), 50–53. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v2i2.246
  8. Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955
  9. Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare (Vol. 3, Issue 2).
  10. Sulastika, S. (2021). Metode PBL Pada Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (SIMDIG) Materi Fitur Pembuatan Slide Presentasi. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2). https://doi.org/10.20961/SEEDS.V4I2.56702
  11. Widiarini. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Era Pandemi Covid-19 pada Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual (Vol 7).on99o
  12. Wulandaru Smkn, A. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar SISKOMDIG Memproduksi Video Menggunakan Metode Small Group Discussion Melalui Media Interaktif Articulated Storyline. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan , 2(2), 146–162. https://doi.org/10.51878/VOCATIONAL.V2I2.1224.