Isi Artikel Utama
Abstrak
Di era digital saat ini kemunculan teknologi dan persaingan bisnis yang tinggi menjadikan UMKM saling bersaing dengan kompetitornya. Strategi pemasaran konvensional sudah tidak cukup lagi untuk dapat memenangkan persaingan. Penggunaan platform digital sebagai sarana pemasaran oleh pelaku UMKM di Desa Banjarsari masih kurang optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah yang berada di Desa Banjarsari. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pendampingan dan bantuan serta pemahaman mengenai pentingnya digital marketing. Hasil yang dicapai adalah UMKM di Desa Banjarsari memiliki Toko Online (Online Shop) di e-commerce seperti Shopee, Go Food dll. serta  media social seperti Instagram, whatsapp dll. sebagai sarana memasarkan produk secara online yang dapat memperluas pasar dan mempermudah komunikasi serta transaksi dengan konsumen.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83.
- Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu , Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 493–498.
- GAZALBA, Z., WARKA, I. G. P., & WIRAHMAN W, L. (2022). Evaluasi Kewajaran Schedule Kontraktor Menggunakan Work Breakdown Structure (Wbs) Dan Microsoft Project (Studi Pada Proyek Pembangunan Sdn 5 Sokong, Tanjung, Lombok Utara). Ganec Swara, 16(1), 1285. https://doi.org/10.35327/gara.v16i1.264
- Husaeni, U. A., & Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Anggota Bmt Di Jawa Barat. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 2(1), 48–56. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.122
References
Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83.
Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu , Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 493–498.
GAZALBA, Z., WARKA, I. G. P., & WIRAHMAN W, L. (2022). Evaluasi Kewajaran Schedule Kontraktor Menggunakan Work Breakdown Structure (Wbs) Dan Microsoft Project (Studi Pada Proyek Pembangunan Sdn 5 Sokong, Tanjung, Lombok Utara). Ganec Swara, 16(1), 1285. https://doi.org/10.35327/gara.v16i1.264
Husaeni, U. A., & Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Anggota Bmt Di Jawa Barat. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 2(1), 48–56. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.122