Isi Artikel Utama

Abstrak

Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah perlu memiliki mental bersaing yang baik dan mampu menghasilkan suatu produk yang dapat diterima, baik itu oleh konsumen dalam negeri (Indonesia) maupun konsumen di luar Indonesia. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memegang peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial suatu wilayah, termasuk di desa-desa. Penelitian ini fokus pada peran Kuliah Kerja Nyata dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Desa Cinisti, dengan penekanan pada inovasi branding produk dan pemasaran online. Dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan pengusaha lokal dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif dan memanfaatkan teknologi digital serta pengembangan strategi kemasan yang menarik dan efektif, dan juga penerapan platform pemasaran online untuk meningkatkan jangkauan pasar.


 

Kata Kunci

Branding KKN Kopi Mustika UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Andriyas Kurniawan, W., Gumelar, G., Raya Fahreza, F., Idham Hanafi, M., Hafizhul I., M., Gymnastiar, H., Sarah Annashriyah, S., Guntur R, E., Putri Nurhaliza, N., Warisah M, E., Muhamad Rizki, R., Sultan bintang Azahra, S., Septia Barkah, A., Muhtar Fauzi, S., Fikri M., M. I., Munawar, M., Hermawan, W., Agustina, D., & Wahab, A. (2024). PENGEMBANGAN PRODUKSI UMKM KOPI MUSTIKA HUTAN DI DESA CINISTI. Jurnal PkM MIFTEK, 5(1), 62–70. https://doi.org/10.33364/miftek/v.5-1.1537

References

  1. Arifudin, D., Indriyani, R., Ihsan, I., & Astrida, D. N. (2023). Peningkatan Brand Awareness Melalui Kegiatan Pelatihan Visual Branding Sebagai Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Tema Kewirausahaan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 2049–2058. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5891
  2. Dhava Ferdyansyah, M., Bagus Ramadhan, P., Tri Widyastuti, D., Lathifa Meida, N., Rizky Ramadhan, M., Wardhani, K. M., Si, S., Restu Justitian, E., Pembangunan Nasional, U., Timur Jl Raya Rungkut Madya, J., & Anyar, G. (2020). Pengembangan UMKM Jamu Dusun Sumberdadi, Jombang Melalui Re-Branding Identitas Logo Njampi. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.57
  3. Emilia Sula, A., & Nusri Leapatra, K. (2021). Analisis Bisnis Dan Tren Konsumsi Masyarakat Kabupaten Bangkalan Terhadap Frozen Food Pada Masa Pandemi Covid 19. Ilmu-Ilmu Ekonomi, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/xxx
  4. Made Febri Purnama Sari, D., & Kadek Risa Indriyani, N. (2022). PERUBAHAN POLA STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN TANGAN DI SINGARAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19. 11(1), 170–189. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i01.p09
  5. Mukhlison Effendi. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40
  6. Nasution, R. U. (2022). Strategi Memulai Bisnis Baru dalam Berwirausaha. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 163. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.164
  7. Sudrartono, T., Nugroho, H., Gusti Ayu Ari Agustini, I., Yudawisastra, H. G., Ul Maknunah, lu, Amaria, H., Lidang Witi, F., Sudirman, A., & Eka Putri Eka Purnama Sari, D. (2022). KEWIRAUSAHAAN UMKM DI ERA DIGITAL. www.penerbitwidina.com
  8. Purnamasari, I., Winarno, A., Irawan, D., Aruna, A., Putri Surya, E., Negeri Malang Jl Semarang No, U., Lowokwaru, K., Malang, K., & Timur, J. (2023). Pengembangan Brand Guideline Merk Industri Susu Lokal History Article. https://doi.org/10.31960/caradde.v6i1.1959
  9. Rhaima, D., Putri, L., Cahyani, A. N., Masturo, A. H., Pembangunan, U., Veteran, N. ", Timur, J., Haqiqi, A., & Jannah, N. M. (2022). INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement Pendampingan dan Pengembangan UMKM di Kelurahan Kepanjenlor melalui Re-Branding. 01, 195–204. https://doi.org/10.56855/income.v1i2.93
  10. Silvia Rahmah, U., Iryanti, E., & Timur, J. (2023). Optimization of MSME Assistance Efforts to Improve Iborajut MSME Branding. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.59024/faedah.v1i2.129
  11. Sudirjo, F., Purwati, T., Unggul Budiman, Y., & Manuhutu, M. (2022). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. SEMAR, 11.
  12. Wulandari, C. E. P., Sugiatno, S., & Siswanto, S. (2020). Dampak Kuliah Kerja Nyata Dalam Pengembangan Keagamaan Bagi Remaja. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 5(2), 221. https://doi.org/10.29240/jf.v5i2.1830