Isi Artikel Utama

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini di butuhkannya keamanan dan etika digital pada masyarakat. Di adakannya Upaya Keamanan digital adalah praktik melindungi data, sistem, dan informasi yang disimpan dan dipertukarkan melalui teknologi digital yang bertujuan untuk menjaga keamanan data dan informasi yang ada di dalamnya. Etika digital adalah mencakup perilaku dan prinsip-prinsip moral yang berkaitan dengan penggunaan teknologi digital. Ini melibatkan tanggung jawab dalam berinteraksi online, penggunaan informasi dengan integritas, dan menghormati privasi orang lain. Etika digital juga mencakup pertimbangan moral terkait dengan cyberbullying, pencurian identitas, dan dampak sosial dari teknologi digital yang bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat menggunakan teknologi dengan cara yang bermanfaat, adil, dan sesuai dengan norma-norma moral yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan digital yang aman, etis, dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat, sekaligus merespons dan mengatasi tantangan yang muncul dalam era digital.Studi ini menyoroti pentingnya literasi digital di era teknologi, terutama di Desa Karyajaya dengan populasi 5075 penduduk pada tahun 2023. Literasi digital mencakup kemampuan mendapatkan, memahami, dan menggunakan informasi digital dari berbagai sumber, serta berpikir yang berakar pada literasi komputer dan informasi. Metode door-to-door dan seminar digunakan dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mengedukasi masyarakat Desa Karyajaya tentang etika dan keamanan digital. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan literasi digital di kalangan peserta seminar. Studi ini menekankan bahwa pendekatan KKN adalah langkah efektif dalam meningkatkan literasi digital, dan perlu diteruskan untuk mendukung pengembangan masyarakat berbasis teknologi di era revolusi digital.

Kata Kunci

Literasi Digital, Kominfo, Desa Karyajaya, Program kerja KKN Etika Digital Kemanan Digital

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zaman, M. B., Permata Sari, I. N. ., Aulia, N. ., Tri Andari, M. ., Nurazizah, N. P. ., Yuliawati, L. ., Taftazani, T. ., Al-farisi, F. S. ., Nurhayati, I. ., Noor Sifa, R. T. ., Herdiansyah, D. ., Nugraha, A. H. ., Puspitasari, D. ., Karisma Putra, S. A. ., Wafa, S. ., Abdillah, M. W. ., Nurahman, F. ., Ruhiyat, Al Ghiffari, M. S. ., Ramdani, R. ., & Hajarani, R. . (2024). PENERAPAN LITERASI DIGITAL DI DESA KARYAJAYA DENGAN PENDEKATAN KEAMANAN DAN ETIKA DIGITAL. Jurnal PkM MIFTEK, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.33364/miftek/v.5-1.1554

References

    Dinata, K. B. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Jurnal Pendidikan, 15.
    Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Jurnal Perspektif, 8.