Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak. Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) Pusat Pelayanan Sosial (PPS) Graha Harapan Difabel (GHD), Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, merupakan tempat pengembangan potensi penyandang difabel dengan beragam program pelatihan keterampilan, salah satunya adalah UMKM Batik. Usaha kain batik teman-teman difabel di GHD mengalami tantangan yang mendasar yaitu tingkat kebersaingan produk batik GHD masih rendah. Dari hasil survey awal dapat digarisbawahi bahwa salah satu faktor penentu tingkat kebersaingan adalah karena produk batik belum mempunyai ciri atau keunikan yang seragam sebagai identitas produk batik GHD. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyusun usulan standar bentuk/motif produk batik GHD beserta desain kemasan produk dengan cara mengidentifikasi karakter, kultur dan konteks GHD yang berpengaruh terhadap proses kreatif dan proses produksi produk batik, sehingga dapat memperkuat daya bersaing produk.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- JDIH Jabar, (2021) Peraturan Gubernur Jawa Barat no.45 Tahun 2021. Link: JDIH Provinsi Jawa Barat (jabarprov.go.id)
- Nikhashemi S.R., and Ballester E.D., (2022) Branding Antecedents Of Consumer Need For Uniqueness: A Behavioural Approach To Globalness Vs. Localness. Journal of Marketing Communication.
- Munir. (2017). Smart Village Desa Maju Desa Bahagia. Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia.
- Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah ( UKM ) ( The benefit of Social Media for Small Medium Enterprises ). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.
- Setyo, H. W., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi.
- Rifai, A.A., dan Humaedi,S., 2020. Inklusi Penyandang Disabilitas Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Sustainable Development Goals (SDGs). Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7, No: 2 Hal: 449-458.
- United Nation, 2016. Report on the World Social Situation. Leaving no one behind: the imperative of inclusive development.
- Haryono T. A. A. (2019). Pelatihan Pemasaran : Upaya Peningkatan Pemasaran dan Nilai Merek (Brand Value) Klaster Batik Laweyan Melalui Penerapan Program Branding Heritage. Jurnal Bisnis dan Managemen.
- Chairy, C., Tunjungsari, H. K., Selamat, F., Michella Wijaya, S., & Velen, V. (2022). Pengembangan Motif Batik untuk meningkatkan awarness wisatawan pada tanjung lesung.
- Tunggal, A. R., Darmaningrum, K., & Fajri, R. N. (2022). Peningkatan Daya Saing UMKM Batik Tulis Lasem Mustika Canting Melalui Upgrading Produk dan Digital Marketing.
- Rahmadyanti E., Wiyono A., Firmansyah G. A. (2020). Integrated System of Biofilter and Constructed Wetland for Sustainable Batik Industry. International Journal of GEOMATE
- Muliasari I. G. A. D., Widiastuti. (2020). Daya Dukung Lingkugan terkait Pengolahan Limbah Batik di Kampung Giriloyo,Kabupaten Bantul, Yogyakarta. ATRIUM : Jurnal Arsitektur.
- Nana Rahdiana, & Ari Kusumawardani. (2021). Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Berdasarkan Waktu Baku Pada Proses Produksi Batik Cap di Workshop Batik Karawang.
- Pahira G., Kusuma R., Suhendar H (2022). Perancangan Desain Merchandise Menggunakan Metode Kreatif Sebagai Promosi Brand Produk. Jurnal Digital of Information Technology.
- Daradjat R. S., Puspitasari E. E. (2021). Kegiatan Branding Batik Komar Sebagai Pengusaha Batik Di Jawa Barat. Jurnal RASI.
- Sayekti P. (2022). The Concept of Three and Visual Branding of Laweyan Suraktra Batik. Kne Social Sciences.
- Sukirno, S., Algifari, M., Ramadhan, D., Ramadani, A., Alfarisi, M. T., Hermawan, D., Sopyan, A. W., Hidayat, D. J., Fathur Rohman, M. I., Madani, M. F. H., Andriani, R., Fisimar, F. A., Fauzi, H., Fauziah, R., Septiani, S., Nijar, A. F., Hakim, M., Ramadhan, R., Maolana, I., Nursaadah, S., & Triguna, M. I. (2024). Pengembangan UMKM Scalling Up Usaha Makanan Di Desa Bayongbong. Jurnal PkM MIFTEK, 5(1), 39–45. https://doi.org/10.33364/miftek/v.5-1.1494
References
JDIH Jabar, (2021) Peraturan Gubernur Jawa Barat no.45 Tahun 2021. Link: JDIH Provinsi Jawa Barat (jabarprov.go.id)
Nikhashemi S.R., and Ballester E.D., (2022) Branding Antecedents Of Consumer Need For Uniqueness: A Behavioural Approach To Globalness Vs. Localness. Journal of Marketing Communication.
Munir. (2017). Smart Village Desa Maju Desa Bahagia. Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia.
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah ( UKM ) ( The benefit of Social Media for Small Medium Enterprises ). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.
Setyo, H. W., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi.
Rifai, A.A., dan Humaedi,S., 2020. Inklusi Penyandang Disabilitas Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Sustainable Development Goals (SDGs). Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7, No: 2 Hal: 449-458.
United Nation, 2016. Report on the World Social Situation. Leaving no one behind: the imperative of inclusive development.
Haryono T. A. A. (2019). Pelatihan Pemasaran : Upaya Peningkatan Pemasaran dan Nilai Merek (Brand Value) Klaster Batik Laweyan Melalui Penerapan Program Branding Heritage. Jurnal Bisnis dan Managemen.
Chairy, C., Tunjungsari, H. K., Selamat, F., Michella Wijaya, S., & Velen, V. (2022). Pengembangan Motif Batik untuk meningkatkan awarness wisatawan pada tanjung lesung.
Tunggal, A. R., Darmaningrum, K., & Fajri, R. N. (2022). Peningkatan Daya Saing UMKM Batik Tulis Lasem Mustika Canting Melalui Upgrading Produk dan Digital Marketing.
Rahmadyanti E., Wiyono A., Firmansyah G. A. (2020). Integrated System of Biofilter and Constructed Wetland for Sustainable Batik Industry. International Journal of GEOMATE
Muliasari I. G. A. D., Widiastuti. (2020). Daya Dukung Lingkugan terkait Pengolahan Limbah Batik di Kampung Giriloyo,Kabupaten Bantul, Yogyakarta. ATRIUM : Jurnal Arsitektur.
Nana Rahdiana, & Ari Kusumawardani. (2021). Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Berdasarkan Waktu Baku Pada Proses Produksi Batik Cap di Workshop Batik Karawang.
Pahira G., Kusuma R., Suhendar H (2022). Perancangan Desain Merchandise Menggunakan Metode Kreatif Sebagai Promosi Brand Produk. Jurnal Digital of Information Technology.
Daradjat R. S., Puspitasari E. E. (2021). Kegiatan Branding Batik Komar Sebagai Pengusaha Batik Di Jawa Barat. Jurnal RASI.
Sayekti P. (2022). The Concept of Three and Visual Branding of Laweyan Suraktra Batik. Kne Social Sciences.
Sukirno, S., Algifari, M., Ramadhan, D., Ramadani, A., Alfarisi, M. T., Hermawan, D., Sopyan, A. W., Hidayat, D. J., Fathur Rohman, M. I., Madani, M. F. H., Andriani, R., Fisimar, F. A., Fauzi, H., Fauziah, R., Septiani, S., Nijar, A. F., Hakim, M., Ramadhan, R., Maolana, I., Nursaadah, S., & Triguna, M. I. (2024). Pengembangan UMKM Scalling Up Usaha Makanan Di Desa Bayongbong. Jurnal PkM MIFTEK, 5(1), 39–45. https://doi.org/10.33364/miftek/v.5-1.1494