Isi Artikel Utama

Abstrak

Pelaksanaan KKN Tematik oleh Kelompok 9 berlangsung dari tanggal 22 Juli sampai 21 Agustus 2024 di desa Sukamurni. Permasalah yang ditemukan yaitu optimalisasi website desa, pemasaran produk UMKM, pemanfaatan fasilitas publik berupa saung baca, kebutuhan perhitungan debit aliran air sungai dan perencanaan bangunan Pos Yandu. Kegiatan diawali dengan survey lokasi, pembuatan program kerja, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Hasil kegiatan berupa penambahan fitur pada website desa. Pembuatan kemasan produk serta pembuatan konten digital untuk disajikan pada sosial media dan marketplace. Inventarisasi buku-buku dan pembuatan Saung Baca untuk fasilitas umum. Kajian tentang perhitungan debit aliran Sungai untuk kebutuhan mikrohidro. Desain perencanaan bangunan untuk Pos Yandu. Seluruh hasil kegiatan diterima pihak desa dan ditindaklanjuti secara berkesinambungan untuk meningkatkan capaian yang sebelumnya sudah dilakukan dalam aktivitas desa. Harapan selanjutnya dari seluruh aktivitas berupa: website desa dikelola secara rutin dengan update informas. UMKM bekerjasama dengan penyedia layanan pengiriman barang untuk efektivitas pemasarannya; Saung Baca dilengkapi dengan buku terkini dan buku digital; pemanfaatan mikro hidro untuk pembangkit listrik; pembangunan gedung pos yandu sesuai desain yang dibuat.  

Kata Kunci

Desa KKN Tematik Digital Marketing Mikrohidro Saung Baca

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Eri Satria, Institut Teknologi Garut

Teknik Informatika STTG

Cara Mengutip
Satria, E., Setiawan, D. P., Hajar, I., Asyah, C. C. N., Gumilar, S., Intan, N. W. S., Rahmah, A. S., Murrydan, K., Abdulloh, S., Maulana, I., Nurhaliza, S. S., Jamil, R. S., Nur’aeni, S., Hakim, A. N., Melani, N., Nawawi, I., Maulana, A. F., Dhaifullah, D., Fadzilah, F. M., & Andriyano, A. (2024). KKN TEMATIK INSTITUT TEKNOLOGI GARUT: TEKNOLOGI UNTUK MENDUKUNG PRODUKTIVITAS DESA SUKAMURNI. Jurnal PkM MIFTEK, 5(2), 37–47. https://doi.org/10.33364/miftek/v.5-2.1861

References

  1. Abdilah, M. M. E., Mufiddin, R., & Zaman, S. (2022). Optimasi konten pemasaran dan platform online dengan teknik search engine optimization. JuTISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 620–631.
  2. County, S. (2023). What can you run on 1 kilowatt hour of power? HeraldNet.
  3. Gaol, V. F. L. (2024). Arsitektur Dan Keindahan: Menjembatani Antara Estetika Dan Fungsi. WriteBox, 1(3).
  4. Jamila, A. F., & Satwikasari, A. F. (2020). Konsep Arsitektur Tropis Modern pada Bangunan Kuliner Gading Festival Sedayu City. Jurnal Linears, 3(2), 73–78.
  5. Lestari, D., Akbar, F., Nurfadilah, L., Vacsal, M. R., Meha, R. I., Agustrianti, S., & Fauziah, S. (2023). Peran Posyandu Dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Cipetir, Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 185–191. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.937
  6. Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital pada BUMDES Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–14.
  7. Partiwi, A., & Arini, E. (2021). Pengaruh kemasan dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 2(1), 77–87.
  8. Rahmawati, E. (2021). Peran Saung Baca Suradita dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Mi/Sd di Masa Pandemi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  9. Rendi, R., Arifin, J., Mujiburrahman, M., & Trianiza, I. (2020). Potensi pembangkit listrik tenaga air mikrohidro di sungai Pintab dan sungai Amandit Kalimantan Selatan. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, Dan Material, 4(2), 46–52.
  10. Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960
  11. Rumondang, A., Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Sitorus, S., Simarmata, J., Manuhutu, M., Sudarso, A., Hasdiana, D., & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
  12. Sudaryanti, D., Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di RW 01 Kelurahan Kedungkandang Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 434–441. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1861
  13. Sulaiman, D., Romadhoni, W., & Purnama, P. (2021). Analisis Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro Pada Anak Sungai di Bulungan. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.61-66
  14. Yusuf, R., Hendrayati, H., & Adi Wibowo, L. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289