Isi Artikel Utama
Abstrak
Belum semua guru di sekolah telah memanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara optimal. Hal tersebut terlihat dari hasil survei kepada guru di salah satu Sekolah Menengah Pertama di kota Garut, di mana mayoritas guru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK kurang dari empat kali dalam satu bulan, dan belum sepenuhnya menguasai perangkat lunak presentasi. Padahal perangkat TIK dapat mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu diselenggarakan pelatihan yang dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tentang penggunaan perangkat TIK dalam proses pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan meliputi presentasi, demonstrasi, dan praktik. Materi yang disampaikan meliputi pembuatan media pembelajaran berbasis TIK dan teknik presentasi yang memanfaatkan TIK sebagai alat bantu. Berdasarkan hasil angket, mayoritas guru menganggap informasi yang diperolehnya dari pelatihan sangat bermanfaat, dan akan menerapkannya dalam proses pembelajaran di kelas.
Rincian Artikel
References
-
Abdi, A. P. (2019, Mei 8). Kemendikbud Target Penerapan UNBK 100 Persen pada 2020. Diambil kembali dari tirto.id: https://tirto.id/kemendikbud-target-penerapan-unbk-100-persen-pada-2020-dtUA
Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 15-22.
Marlina, R., Miranda, D., Hamdani, H., & Kasmawati, K. (2019). TRENDS IN USING POWERPOINT MEDIA DISPLAY PATTERNS FOR NATURAL SCIENCE INSTRUCTION IN KUBU RAYA AND NORTH KAYONG DISTRICTS WEST KALIMANTAN. Jurnal Bioeducation, 55-62.
Salmiah, S., Fatah, A., & Purnawati, P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penerapan Konsep Mutu Hasil Pertanian. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 2, 1-6.
Srimaya, S. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53-68.
Suwarno, S., Hasmiana, H., & Faiza, F. (2016). KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH. Jurnal Pesona Dasar, 1(1), 28-39.
References
Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 15-22.
Marlina, R., Miranda, D., Hamdani, H., & Kasmawati, K. (2019). TRENDS IN USING POWERPOINT MEDIA DISPLAY PATTERNS FOR NATURAL SCIENCE INSTRUCTION IN KUBU RAYA AND NORTH KAYONG DISTRICTS WEST KALIMANTAN. Jurnal Bioeducation, 55-62.
Salmiah, S., Fatah, A., & Purnawati, P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penerapan Konsep Mutu Hasil Pertanian. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 2, 1-6.
Srimaya, S. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53-68.
Suwarno, S., Hasmiana, H., & Faiza, F. (2016). KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH. Jurnal Pesona Dasar, 1(1), 28-39.