Isi Artikel Utama

Abstrak

Desa Cimurah di RT 03 RW 10 yang baru saja selesai tahap pembangunan infrastruktur Masjid dan di dalamnya juga terdapat Madrasah. Di RW 10 ini masih sangat kurang sekali dalam pencegahan COVID-19 seperti menggunakan masker, penyediaan hand sanitizer dan fasilitas umum cuci tangan. Selain hal itu karena baru saja selesai tahap pembangunan maka banyak sekali fasilitas umum yang belum dimiliki seperti alat kebersihan, mading dan peralatan belajar mengajar. Meski sudah melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) namun masih banyak aplikasi yang sangat bermanfaat dalam membantu kegiatan sehari-hari namun minim sekali digunakan oleh siswa-siswi yang bertempat di RW 10. Solusi terbaik dari permasalahan di atas ialah dengan mengadakan literasi COVID-19, literasi digital pengenalan aplikasi serta penambahan infrastruktur di RW 10. Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan identifikasi permasalahan, bimbingan dan perencanaan, pembuatan materi, pre-test, penyampaian materi, post-test, pembuatan dan penyebaran konten COVID-19, pendataan penduduk, peningkatan infrastruktur, kemanusiaan dan pembuatan video dokumentasi. Kegiatan berhasil meningkatkan minat, pengetahuan dan keterampilan peserta. Hasil yang didapat dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini yaitu masyarakat khususnya pelajar lebih paham akan pentingnya protokol kesehatan dan pemilik usaha kecil dan menengah pendapatannya meningkat dengan cara jual beli online menggunakan aplikasi android.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kurniadi, D., Abdurrahman, F., Haekal, M. F., Burhanuddin, R., Nugraha, M. A., & Ikhrom, T. D. (2021). Peningkatan Literasi Digital dan Pandu Digital Kepada Masyarakat Desa Cimurah Terkait Covid-19 dengan Aplikasi Android. Jurnal PkM MIFTEK, 1(2), 94 - 103. https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.94

Referensi

Baroroh, J. K. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.
Dokter, A. (2020, Agustus 31). COVID-19. Diambil kembali dari Alo Dokter: https://www.alodokter.com/covid-19
Erwin Ubwarin, P. C. (2020). PERTANGUNGJAWABAN PIDANA DALAM KEADAAN DARURAT BENCANA COVID-19. Mizan: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1), 1-6.
Hasan Abdurahman, A. R. (2014). APLIKASI PINJAMAN PEMBAYARAN SECARA KREDIT PADA BANK YUDHA BHAKTI. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 61-69.
Hendra Nugraha Lengkong, A. A. (2015). Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(2),, 18-25.
Winda Angela Hamka, A. G. (2016). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Web Dan Android Menggunakan Adobe Flash Cs5 Dan Action Script 3.0. IJIS-Indonesian Journal On Information System 1(2), 78-88.