Isi Artikel Utama

Abstrak

Bebras Computational Thinking Challenge atau Tantangan Bebras merupakan suatu kegiatan kompetisi untuk mengukur kemampuan cara berpikir komputasi dengan cara menyelesaikan soal-soal mengenai computational thinking yang disajikan melalui uraian dengan disertai gambar yang menarik. Sekolah Tinggi Teknologi Garut sebagai salah satu Biro dari Bebras Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan ini sejak tahun 2016 hingga saat ini. Pada Tantangan tahun 2020 jumlah peserta Bebras Computational Thinking Challenge berjumlah 724 siswa yang terdiri dari 95 siswa Sekolah Dasar/MI, 313 siswa Sekolah Menengah Pertama/MTs, 316 siswa Sekolah Menengah Atas/SMK/MA. Terdapat 42 sekolah yang mengikuti kegiatan Tantangan Bebras tahun 2020. Hasil kompetisi menunjukkan kemampuan berpikir komputasi pada siswa-siswa di Garut sudah cukup tinggi dengan pencapaian nilai 100 untuk kategori Sikecil dan 90,28 untuk kategori Siaga.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tresnawati, D. ., Latifah, A., Nashrulloh, M. R., Fitriani, L., Rahayu, S., Mulyani, A., Cahyana, R., Satria, E., Setiawan, R., Septiana, Y., & Kurniadi, D. (2021). Edukasi Cara Berpikir Komputasi Melalui Tantangan Bebras 2020 di Garut. Jurnal PkM MIFTEK, 1(2), 181–186. https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.181

References

    Bebras International Challenge on Informatics and Computational Thinking. (n.d.). (Vilnius University) Retrieved August 15, 2017, from bebras.org: bebras.org
    Dagienė, V., & Sentence, S. (2016). It’s Computational Thinking! Bebras Tasks in the Curriculum. Informatics in Schools: Improvement of Informatics Knowledge and Perception, 28-39.
    Dagienė, V., & Stupurienė, G. (2016). Bebras – a Sustainable Community Building Model for the Concept Based Learning of Informatics and Computational Thinking. Informatics in Education, 15(1), 25–44.
    Dagiene, V., & Stupuriene, G. (2016). Informatics Concepts and Computational Thinking in K-12 Education: A Lithuanian Perspective. Journal of Information Processing, 24(4), 732-739.
    Mannila, L., Dagiene, V., Demo, B., Grgurina, N., Mirolo, C., Rolandsson, L., & Settle, A. (2014). Computational Thinking in K-9 Education. Proceeding ITiCSE-WGR '14 Proceedings of the Working Group Reports of the 2014 on Innovation & Technology in Computer Science Education Conference.
    TOKI, T. O. (2020, August 18). Situs Resmi Bebras Indonesia. Retrieved from bebras.or.id: bebras.or.id
    Tresnawati, D., Setiawan, R., Fitriani, L., Mulyani, A., Rahayu, S., Nasrullah, M. R., . . . Sutedi, A. (2020). Membentuk Cara Berpikir Komputasi Siswa di Garut Dengan Tantangan Bebras. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 55-60.