Main Article Content

Abstract

Garut sebagai kabupaten yang tidak terlepas dari daerah dengan tingkat kerawanan keruntuhan bangunan yang diakibatkan gempa, membuat inisiatif untuk secara gencar dan masiv mendeliverykan teori teori dan hasil hasil peneltian berkaitan dengan bangunan yang bisa bertahan berdiri dalam merespon adanya gempa. Teori dan hasil penelitian para ahli belum dirasakan kebermanfaatannya di masyarakat. Ini terlihat dari beberapa kejadian gempa yang bahkan tidak terlalu besar namun akibatnya cukup merusak bangunan. Solusinya adalah secara gencar mensosialisasikan Panduan Pembangunan Bangunan Tahan Gempa dalam bentuk Presentasi, pemasangan Poster yang akan digunakan sebagai guidance dalam membangun rumah.. Diharapkan agar poster ini bisa dipajang di setiap desa atau kelurahan.

Keywords

Gempa Panduan Poster Rumah Sederhana

Article Details

How to Cite
Walujodjati, E., & Farida, I. (2021). Membangun Rumah Sederhana Merespon Gempa. Jurnal PkM MIFTEK, 2(1), 8-12. https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.941

References

√ 5 Jenis Dinding Berdasarkan Bahan Penyusunnya - Teknikece. (n.d.).
Angin, I. (n.d.). MEMBANGUN RUMAH YANG LEBIH AMAN Detail A Detail B.
Indeks Risiko Bencana Indonesia - BNPB. (n.d.).
Kesalahan Mendasar Dalam Membangun Sebuah Rumah | Ide Bangunan. (n.d.).
Nasional, K. P. (n.d.). PEDOMAN SOSIALISASI PROSEDUR OPERASI STANDAR (POS).
Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa. (n.d.).
Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa Dilengkapi dengan Metode dan Cara Perbaikan Konstruksi - Pokja AMPL : Air Minum dan Penyehatan Lingkungan. (n.d.).
PERSYARATAN POKOK - jica.go.jp nbsp;· baja ø 8 mm Tulangan kolom dilewatkan ke balok ring dengan panjang lewatan minimal 40 D (40 cm) - Pastikan cetakan rapat dan kuat/kokoh. - [PDF Document]. (n.d.).