Main Article Content

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang sangat penting di Kabupaten Garut, dengan pengelolaan pariwisata yang baik diharapkan mampu memberikan keuntungan yang lebih maksimal kepada penggiat industri pariwisata. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan peran teknologi sebagai media promosi untuk memberikan informasi mengenai tempat wisata yang ada di Garut kepada para wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk membuat Aplikasi Katalog Pariwisata di Garut yang dapat menyajikan informasi mengenai katalog tempat wisata yang ada di Garut, memberikan rekomendasi tempat wisata yang akan dikunjungi, dan memberikan informasi lebih detail mengenai tempat wisata yang dituju. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang merupakan metode rancang bangun perangkat lunak multimedia yang memiliki beberapa tahapan seperti, concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Selanjutnya pengujian alpha dengan menggunakan metode black-box testing yang dilakukan pada tahapan testing. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi katalog parawisata yang ada di kabupaten Garut dengan hak akses multi user, dan aplikasi ini berbasis android dengan menerapkan teknologi virtual reality yang dapat memberikan visualisasi berbeda kepada pengguna dan dapat menambah minat pengguna dalam mempelajari suatu informasi, dalam hal ini informasi mengenai suatu tempat wisata alam yang ada di Garut.

Keywords

Katalog Multimedia Development Life Cycle Pariwisata Virtual Reality Wisata

Article Details

How to Cite
[1]
Eri Satria, Ayu Latifah, and Muhamad Paroji, “Rancang Bangun Aplikasi Katalog Wisata di Garut Menggunakan Teknologi Virtual Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, pp. 78-87, May 2022.

References

[1] D. Umagapi and A. Ambarita, “Sistem Informasi Geografis Wisata Bahari pada Dinas Pariwisata Kota Ternate,” J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.47324/ilkominfo.v1i2.8.
[2] P. Putra, M. A. Firdaus, and M. Farhan, “Penerapan Teknologi Virtual Reality Photography Pada Sistem Informasi Objek Wisata,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 1, 2019, doi: 10.24114/cess.v4i1.11461.
[3] D. Agushinta R. and A. Satria, “Pembelajaran 3D Sistem Ekskresi Manusia Berbasis Virtual Reality dan Android,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 4, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201854665.
[4] L. Fitriani and T. Faturochman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pariwisata Dan Industri Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 15, no. 2, pp. 106–112, 2018.
[5] G. H. Basith and D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic Information System dan Android,” J. Algoritm., vol. 14, no. 1, pp. 26–31, 2017, doi: 10.33364/algoritma/v.14-1.26.
[6] A. Kuswara, A. D. Supriatna, and E. Gunadhi, “Sistem Informasi Wisata Pantai Berbasis Web Di Kabupaten Garut,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 201–207, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.201.
[7] Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” J. Mikrotik, vol. 8, no. 1, 2018.
[8] Dwi Putra Githa and D. P. Singgih Putri, “RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI DESTINASI WISATA DI BALI,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.31598/sintechjournal.v2i2.388.
[9] A. R. Triani, A. R. Adriyanto, and D. Faedhurrahman, “Media Promosi Bisnis Potensi Wisata Daerah Bandung Dengan Aplikasi Virtual Reality,” J. Bhs. Rupa, vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.31598/bahasarupa.v1i2.215.
[10] R. Cahyana, E. Satria, and N. Hoirun Nisa, “Pengembangan Aplikasi Qna Sebagai Jembatan Komunikasi Pengelola Wisata Industri Dengan Masyarakat,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 88–95, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.88.
[11] Deviliana and N. Nugraha, “APLIKASI VIRTUAL REALITY TAMAN WISATA BAWAH LAUT SEA WORLD ANCOL BERBASIS ANDROID,” J. Ilm. Inform. Komput., vol. 24, no. 2, 2019, doi: 10.35760/ik.2019.v24i2.2370.
[12] A. Pangestu and L. Afuan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi Berbasis Website Studi Kasus Kampung Marketer,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.4.
[13] Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2020.
[14] B. Beizer and J. Wiley, “Black Box Testing: Techniques for Functional Testing of Software and Systems,” IEEE Softw., vol. 13, no. 5, 2005, doi: 10.1109/ms.1996.536464.
[15] E. Satria, D. Tresnawati, D. Rudiansyah, Y. Pariatin, and M. S. Mubarok, “How mobile application can increase moslem worship activities,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 6, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/6/066041.