Isi Artikel Utama

Abstrak

Sekarang untuk pergi ke suatu tempat tidak perlu membawa dan menggunakan selembar peta lagi, cukup mengakses aplikasi seperti Google maps dan penyedia jasa sejenis yang mengandalkan fasilitas dari Global Positioning System (GPS) pada smarthphone. Namun karena menggunakan satelit, GPS sendiri mempunyai kekurangan terhadap lingkungan yang terhalang oleh satelit, seperti di Gedung maupun di dalam ruangan. Kampus Institut Teknologi Garut yang sampai saat ini mempunyai 5 Gedung, namun belum adanya denah atau penunjuk arah berbasis digital dan juga faktor GPS yang sulit digunakan di dalam area Gedung. Maka penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi navigasi yang dapat di gunakan di dalam kampus Institut Teknologi Garut yang berfokus pada Gedung B dengan jumlah tempat kurang lebih 20 dengan memanfaatkan Teknologi Augmented Reality yang memanfaatkan SDK dari ARWAY dengan fitur AR penunjuk arah yang dapat memunculkan citra digital berupa panah untuk membimbing pengguna menuju tempat yang di inginkan dan citra digital berupa ikon lokasi menandakan tempat yang di tuju telah sampai atau berhasil di tuju dengan tingkat akurasi kurang dari 3 meter. Selain itu, terdapat juga informasi estimasi jarak dan waktu tempuh menuju tempat yang di tuju. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall, yaitu metode penelitian untuk menghasilkan produk tertentu dengan beberapa tahapan yaitu komunikasi (communication), perencanaan (planning), pemodelan (modeling), konstruksi (construction), dan penyerahan aplikasi ke user (deployment) dan menggunakan metode black-box sebagai metode pengujiannya. Hasil penelitian ini tersedia dalam bentuk Aplikasi Indoor Navigation berbasis Mobile

Kata Kunci

Augmented Reality Global Positioning System Navigasi Waterfall Augmented Reality Global Positioning System Navigasi Waterfall

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Rahayu, D. Tresnawati, dan F. Haiqal, “Aplikasi Indoor Navigation Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, hlm. 110–120, Mei 2022.

References

  1. F. M. Asmawi, W. Wibhisono, and H. Studiawan, “Rancang Bangun Sistem Navigasi Indoor Berbasis Integrasi Symbolic Location Model Dan Wifi Based Positioning System Untuk Studi Kasus Pada Gedung Bertingkat,†J. Tek. ITS, vol. 6, no. 2, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i2.24102.
  2. bram A. A. Al’Aziz, M. I. Hamzah, M. T. Al Haga, F. N. Prawita, and A. H. Fauzi, “DiRoom Navigation: Augmented Reality Based In-Store Navigation System,†vol. 4, no. 2, pp. 630–638, 2018.
  3. R. Syaljumairi, S. Defit, S. Sumijan, and Y. Elda, “Akurasi Klasifikasi Pengguna terhadap Hotspot WiFi dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour,†J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 3, 2021, doi: 10.37034/jsisfotek.v3i3.152.
  4. M. A. C. Dalam, L. Jaringan, A. A. Kristianto, X. B. N. Najoan, and A. A. E. Sinsuw, “User Locator System Berbasis BSSID dan Alamat MAC Dalam Lingkungan Jaringan WIFI,†J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17658.
  5. J. T. Informatika, “ARMART : APLIKASI PENCARIAN PRODUK DI MINIMARKET BERBASIS,†vol. 13, no. 1, pp. 5–10, 2021.
  6. A. Syahrani, D. W. T. Putra, and A. Rahma, “Perancangan Aplikasi ARmaps Berdasarkan Real Environment dan Real World Camera View untuk Visualisasi Penunjuk Arah,†Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 19–23, 2017.
  7. Y. Septiana, R. E. G. Rahayu, and M. S. Aghna, “Rancang Bangun Aplikasi Web Katalog Produk Wisata Kuliner Berbasis Geographic Information System,†J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 235–340, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.235.
  8. R. A. Ahmadi, J. Adler, and S. L. Ginting, “TeknologiAugmented RealitySebagaiMedia PembelajaranGerakan Shalat,†Pros. Semin. Nas. Komput. dan Inform., vol. 2017, pp. 978–602, 2017.
  9. D. Tresnawati and I. M. Albani, “Pengenalan Komponen Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 457–552, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.547.
  10. E. Ramadhanty, H. Tolle, and K. C. Brata, “Pengembangan Aplikasi Navigasi menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Perangkat Smartphone berbasis Android ( Studi Kasus : Jawa Timur Park 1 Malang ),†Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7594–7602, 2019.
  11. S. Naqiyah, S. Andryana, and R. T. Komalasari, “Augmented Reality Pengenalan Laboratorium FTKI Universitas Nasional dengan Tracking Based Navigation,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, p. 116, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i1.38307.
  12. R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), 7th ed. 2012.
  13. R. Setiawan, D. Kurniadi, and M. Saleh, “Rancang Bangun Aplikasi Booking dan Transaksi Barbershop Berbasis Web,†J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 452–459, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.452.
  14. B. A. R. Husni and R. Setiawan, “Sistem Informasi Perhitungan Capaian Kinerja Pegawai di Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut,†J. Algoritm., vol. 13, no. 2, pp. 421–429, 2017, doi: 10.33364/algoritma/v.13-2.421.
  15. H. Rahmad, S. Mustaqbal, and R. F. Firdaus, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Blackbox Testing Boundary Value Analys (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),†J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., pp. 31–36, 2015.