Isi Artikel Utama

Abstrak

Garut merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan destinasi wisata keindahan alamnya, namun dari hasil observasi dan wawancara permasalahan yang dialami para wisatawan saat ini adalah kesulitan dalam mendapatkan informasi mengenai sejarah, akses rute lokasi tempat wisata yang dituju. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bangun aplikasi berbasis android tentang edukasi parawisata. Metode yang digunakan dalam rancang bangun aplikasi ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle yang di mana tahapan pelaksanaannya meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution dengan melakukan pengujian alpha dan beta, sedangkan untuk bahasa pemograman digunakan pemograman Dart dan NoSQL Firebase sebagai basis datanya. Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Edukasi Parawisata di Kabupaten Garut Berbasis Android yang telah dilengkapi dengan fitur chatting untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dengan pengelola wisata, google maps untuk memberi informasi mengenai rute lokasi wisata, dan edukasi mengenai sejarah tempat wisata yang disajikan dalam bentuk fitur multimedia.

Kata Kunci

Android Aplikasi Dart Edukasi Firebase Wisata Android Aplikasi Dart Edukasi Firebase Wisata

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. Satria, A. Sutedi, dan P. Permatasari, “Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Pariwisata Garut Berbasis Android Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, hlm. 211–218, Mei 2022.

References

  1. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, “Letak Geografis - Pemerintah Kabupaten Garut,†2017. .
  2. M. D. Ramdani, D. Kurniadi, and Y. Septiana, “Rancang Bangun Game Edukasi Penelusuran Goa Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 151–157, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.151.
  3. D. D. S. Fatimah, E. Satria, and F. Amirulloh, “Pengembangan Aplikasi Katalog Elektronik Untuk Membantu Masyarakat Mendapatkan Informasi Madrasah,†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 208–214, 2019.
  4. R. Cahyana, E. Satria, and N. Hoirun Nisa, “Pengembangan Aplikasi Qna Sebagai Jembatan Komunikasi Pengelola Wisata Industri Dengan Masyarakat,†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 88–95, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.88.
  5. L. Fitriani and T. Faturochman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pariwisata Dan Industri Berbasis Web,†J. Algoritm., vol. 15, no. 2, pp. 106–112, 2018.
  6. E. Satria, L. Fitriani, Y. S. Muhsin, and D. Tresnawati, “Development of educational games for learning waste management,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, no. 3, p. 032064, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/3/032064.
  7. Deviliana and N. Nugraha, “APLIKASI VIRTUAL REALITY TAMAN WISATA BAWAH LAUT SEA WORLD ANCOL BERBASIS ANDROID,†J. Ilm. Inform. Komput., vol. 24, no. 2, 2019, doi: 10.35760/ik.2019.v24i2.2370.
  8. D. Tresnawati, A. Latifah, E. Satria, and S. Rayahu, “Edugame development for introduction chord basic guitar,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, no. 3, p. 032061, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/3/032061.
  9. A. Kuswara, A. D. Supriatna, and E. Gunadhi, “Sistem Informasi Wisata Pantai Berbasis Web Di Kabupaten Garut,†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 201–207, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.201.
  10. Dwi Putra Githa and D. P. Singgih Putri, “RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI DESTINASI WISATA DI BALI,†SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.31598/sintechjournal.v2i2.388.
  11. A. R. Triani, A. R. Adriyanto, and D. Faedhurrahman, “Media Promosi Bisnis Potensi Wisata Daerah Bandung Dengan Aplikasi Virtual Reality,†J. Bhs. Rupa, vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.31598/bahasarupa.v1i2.215.
  12. Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2020.
  13. B. Beizer and J. Wiley, “Black Box Testing: Techniques for Functional Testing of Software and Systems,†IEEE Softw., vol. 13, no. 5, 2005, doi: 10.1109/ms.1996.536464.
  14. E. Satria, D. Tresnawati, D. Rudiansyah, Y. Pariatin, and M. S. Mubarok, “How mobile application can increase moslem worship activities,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 6, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/6/066041.
  15. G. H. Basith and D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic Information System dan Android,†J. Algoritm., vol. 14, no. 1, pp. 26–31, 2017, doi: 10.33364/algoritma/v.14-1.26.
  16. A. Pangestu and L. Afuan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi Berbasis Website Studi Kasus Kampung Marketer,†J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.4.
  17. A. Rahmat, S. Rahayu, and Y. Pariyatin, “Rancang Bangun Perangkat Lunak Aplikasi Katalog Elektronik Wisata Edukasi Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 75–81, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.17-1.75.
  18. Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC),†J. Mikrotik, vol. 8, no. 1, 2018.