Main Article Content

Abstract

Layanan proses promosi dengan memanfaatkan teknologi saat ini tidak hanya dimanfaatkan oleh mereka para pemilik usaha yang besar saja, tetapi sekarang usaha lain pun  juga membutuhkannya dalam mendukung kegiatan usahanya. Di era teknologi saat ini, banyak proses bisnis bagi pemilik usaha yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi sehingga proses promosi menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Salah satunya dengan menerapkan teknologi Augmented Reality yang dapat memberikan visualisasi berbeda kepada para pembeli. Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis Augmented Reality sebagai media untuk promosi barang mebel dengan menampilkan objek 3D pada sampel atau majalah yang telah di pasang marker. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang di mana tahapan pelaksanaannya meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Kemudian pengujian alpha dengan menggunakan metode Black Box Testing. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality.

Keywords

Aplikasi Promosi Mebel Augmented Reality

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sutedi, D. Tresnawati, and R. Faiz, “Perancangan Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, pp. 219-227, May 2022.

References

[1] A. T. Saputra and N. E. Budiyanto, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Mebel Kompas Jati Jepara Berbasis Android,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 82–87, 2019, doi: 10.36499/jinrpl.v1i2.2951.
[2] A. D. Rachmanto and M. S. Noval, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Promosi Universitas Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D,” Implementasi Augment. Real. Sebagai Media Pengenalan Promosi Univ. Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D, vol. IX, no. 1, pp. 29–37, 2018.
[3] I. F. Faiztyan, R. R. Isnanto, and E. D. Widianto, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 2, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.2.2015.207-212.
[4] A. N. Putri and S. Asmiatun, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK IDENTIFIKASI LOGO DAN VIDEO SEBAGAI MEDIA INFORMASI MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI NAIVE BAYESIAN,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.2076.
[5] D. Tresnawati and I. M. Albani, “Pengenalan Komponen Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 457–552, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.547.
[6] F. Z. Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 2, no. 1, pp. 122–131, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/370/279.
[7] D. Tresnawati and E. Hidayat, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka Dan Warna Untuk Anak Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 400–409, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.400.
[8] T. Abdulghani and B. P. Sati, “Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran,” Media J. Inform., vol. 11, no. 1, p. 43, 2020, doi: 10.35194/mji.v11i1.770.
[9] Khairul, U. Ilhamiarsyah, R. F. Wijaya, and R. B. Utomo, “Implementasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Penjualan Rumah,” vol. 9986, no. September, pp. 429–434, 2018.
[10] Y. Septiana, R. E. G. Rahayu, and M. S. Aghna, “Rancang Bangun Aplikasi Web Katalog Produk Wisata Kuliner Berbasis Geographic Information System,” J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 235–340, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.235.
[11] Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2020.
[12] B. Beizer and J. Wiley, “Black Box Testing: Techniques for Functional Testing of Software and Systems,” IEEE Softw., vol. 13, no. 5, 2005, doi: 10.1109/ms.1996.536464.