Isi Artikel Utama

Abstrak

Salah satu tantangan besar bagi bangsa Indonesia adalah adanya beban pengangguran termasuk pengangguran terdidik. Diperlukan upaya yang konkret agar jumlah pengangguran dapat ditekan melalui peningkatan jumlah wirausawan di Indonesia. Keberadaan mahasiswa saat ini bukan hanya dituntut untuk bisa menjadi seorang akademisi namun lebih dari itu mahasiswa juga dituntut untuk bisa menjadi seorang wirausahawan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran pembelajaran akuntansi terhadap minat kewirausahaan mahasiswa dengan learning manajemen system (LMS) sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yaitu suatu metode studi yang eksploratif tentang keseluruhan personalitas dengan subyek penelitian berupa individu, kelompok, lembaga, maupun masyarakat. Faktor kemampuan usaha yang masih rendah pada mahasiswa dilakukan antara lain melalui penerapkan praktik akuntansi sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan bagi dunia usaha. Adapun kendala dalam sistem pembelajaran daring diatasi dengan penggabungan pembelajaran tatap muka (Hybrid Learning) dan Learning Management System. Berkembangnya wirausaha muda merupakan stimulus bagi kegiatan yang dapat membantu memajukan perekonomian di Indonesia.

Kata Kunci

Akuntansi Minat Wirausaha Learning Manajemen System Perekonomian Indonesia Akuntansi Minat Wirausaha Learning Manajemen System Perekonomian Indonesia

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. F. Harahap, “Peran Pembelajaran Akuntansi Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Learning Manajemen System Sebagai Variabel Moderating”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, hlm. 297–304, Mei 2022.

References

  1. kemendikbud, “Program Kreativitas Mahasiswa - Pedoman Umum,” Kewirausahaan (PKM-K), 2021.
  2. “Indonesia Kekurangan Entrepreneur Muda, Saatnya Generasi Milenial Bangkit dan Merebut Peluang Bisnis Halaman all - Kompasiana.com.” https://www.kompasiana.com/bocahdesa/5f02f9f5097f36309f242952/indonesia-kekurangan-entrepreneur-muda-saatnya-generasi-millenial-bangkit-dan-merebut-peluang-bisnis?page=all&page_images=1 (accessed Jan. 27, 2022).
  3. “Perguruan Tinggi Miliki Peran Penting Dalam Menciptakan Peluang Kewirausahaan ”“ Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.” https://www.umy.ac.id/perguruan-tinggi-miliki-peran-penting-dalam-menciptakan-peluang-kewirausahaan (accessed Jan. 27, 2022).
  4. Suryana, “Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Ketiga,” Jakarta: Salemba Empat, 2016.
  5. M. Zunaedy, S. Aisyah, and T. Ayuningtyas, “Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 STKIP PGRI Lumajang tahun akademik 2020/2021,” J. Ris. Pendidik. Ekon., 2021, doi: 10.21067/jrpe.v6i1.5294.
  6. N. Nuraeningsih, M. Indaryani, and R. Rusiana, “Peluang dan Tantangan Berwirausaha bagi Mahasiswa Universitas Muria Kudus di Masa Pandemi,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i3.7017.
  7. Poniman and M. Sirod, “MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN MAHASISWA,” Media Akunt., 2020, doi: 10.47202/mak.v32i02.97.
  8. A. S. Irfani, Manajemen Keuangan dan Bisnis: Teori dan Aplikasi. 2020.
  9. J. R. Vilayanti, B. S. Budhi, and R. Widianingsih, “ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK AKUNTANSI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KEBUMEN,” J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., 2020, doi: 10.32424/jeba.v22i3.1637.
  10. N. Mubarok, S. A. Jannah, and S. Laksanawati, “ANALISIS IDENTIFIKASI MASALAH UTAMA KOPERASI DI KABUPATEN BANYUASIN DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA,” I-ECONOMICS A Res. J. Islam. Econ., 2019, doi: 10.19109/ieconomics.v4i2.3039.
  11. A. J. Karsudjono, “ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN KEAKTIFAN MAHASISWA TERHADAP PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI SAK KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI STIE PANCASETIA,” J. Ilm. Ekon. Bisnis, 2020, doi: 10.35972/jieb.v6i2.369.
  12. H. Fajarsari, “Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang,” Pamator J., 2020, doi: 10.21107/pamator.v13i1.7001.
  13. N. P. Subekti, A. Kammawati, E. Yusida, and L. F. Prastiwi, “PERUBAHAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19,” Jambura Econ. Educ. J., 2021, doi: 10.37479/jeej.v3i1.8273.
  14. A. Pise, H. Vadapalli, and I. Sanders, “Facial emotion recognition using temporal relational network: an application to E-learning,” Multimed. Tools Appl., 2020, doi: 10.1007/s11042-020-10133-y.
  15. A. Alif Asy”™ari Syukur and W. Andhyka Kusuma, “Efektifitas Penggunaan Platform LMS UMM pada Pembelajaran Jarak Jauh Ditengah Pandemi Covid-19,” J. Heal. Sains, 2021, doi: 10.46799/jsa.v2i9.300.
  16. H. Satria, “PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING,” CASH, 2021, doi: 10.52624/cash.v4i02.1802.
  17. A. Prastowo, “Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan [A creative guide to create innovative teaching materials: Creating interesting and fun learning methods],” Diva Press. 2015.
  18. R. Marginingsih, “Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sebagai Kebijakan Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor UMKM,” Monet. - J. Akunt. dan Keuang., 2021, doi: 10.31294/moneter.v8i2.10997.
  19. H. E. Setyowati, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2018.
  20. A. A. Effendy and D. Sunarsi, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akuntansi), 2020.
  21. M. Farhan, A. Novriansa, U. Kalsum, and M. Mukhtaruddin, “Pengenalan Akuntansi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kota Daro, Kabupaten Ogan Ilir,” Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., 2020, doi: 10.29259/jscs.v1i1.11.
  22. L. Sulistyorini and Y. Anistyasari, “Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK,” IT-Edu J. Inf. Technol. Educ., 2020.
  23. V. Hendra Saputra and D. Pasha, “Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19,” SJME (Supremum J. Math. Educ., 2021, doi: 10.35706/sjme.v5i1.4514.
  24. V. H. Saputra, D. Pasha, and Y. Afriska, “Design of English Learning Application for Children Early Childhood,” Proceeding Int. Conf. Sci. Eng., 2020, doi: 10.14421/icse.v3.582.
  25. M. S. Gautama, I. Kamil, and N. A. Rahmawati, “ANALISIS KINERJA DOSEN AKUNTANSI DALAM MENGAJAR TERHADAP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT MENGGUNAKAN METODE TREND,” J. Ris. Akunt. Politala, 2020, doi: 10.34128/jra.v3i1.41.
  26. E. Fernando and J. Jamaaluddin, “Peran Wirausaha Milenial Dalam Memajukan Perekonomian Bangsa,” Apr. 2020.