Isi Artikel Utama

Abstrak

Keterbatasan dalam penjualan disebabkan karena permasalahan sarana dan prasarana penunjang untuk menjangkau wilayah pemasaran yang lebih menyeluruh. Dan pada saat ini pelaku usaha lebih memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan pengelolaan usahanya dengan media pemasaran yang saat ini marak seperti Tokopedia, Shoppe, Bukalapak pelaku usaha dapat memasarkan produk mereka secara luas dan penjualan pun meningkat. Sehingga sangat diperlukan suatu sistem informasi untuk proses bisnis online maupun offline. Dengan menggunakan metode Rational Unified Process dalam pengembangan aplikasi sistem informasi penjualan toko kue berbasis web, dengan tahapan inception, elaboration, construction dan transition dan menggunakan tools dalam memodelkan seperti Unified Modeling Language yang lebih memudahkan dalam perancangan aktor, Untuk bahasa pemograman menggunakan bahasa pemograman PHP adalah salah satu bahasa pemograman skrip yang dirancang untuk membangun aplikasi web. Dengan adanya sistem informasi penjualan toko kue berbasis web konsumen dapat dengan mudah melakukan pembelian dan transaksi secara online, dan tidak perlu mendatangi toko kue secara langsung, Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan system penjualan kue berbasis web diharapkan mampu meningkatakan penjualan dan mendatangkan konsumen melalui online ataupun offline.

Kata Kunci

Sistem Informasi Penjualan Rational Unified Process Unified Modeling Language Sistem Informasi Penjualan Rational Unified Process Unified Modeling Language

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
G. Hudaya, A. D. Supriatna, dan S. Rahayu, “Sistem Informasi Penjualan Toko Kue Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, hlm. 323–332, Mei 2022.

References

  1. M. Syaeful Bachtiar and A. Deddy Supriatna, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Batu Akik Market Place Kiara Gemstone,†J. Algoritm., 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.206.
  2. B. Trisakti and F. I. Pratama, “Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Web pada CV. Jawi,†J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2020, doi: 10.36499/jinrpl.v2i1.3214.
  3. R. Ishak and H. Widyastuti, “Penjualan Kue Dan Roti Berbasis Web,†Penjualan Kue Dan Roti Berbas. Web, 2018.
  4. S. Purnavita, H. Y. Sriyana, and T. Widiastuti, “Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen,†E-DIMAS, 2018, doi: 10.26877/e-dimas.v9i1.2260.
  5. Y. Hamdan, A. Ratnasari, A. Sofyan, and D. Tandika, “Promosi Bisnis Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan,†InterKomunika, 2017, doi: 10.33376/ik.v2i2.9.
  6. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak,†Informatika Bandung. 2015.
  7. I. W. Pratama and I. Nurlela, “Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap Kendaraan Pada Bumi Waras di Bandar Lampung,†J. Sist. Inf. Akunt. AMIK Dian Cipta Cendikia, 2018.
  8. N. N. Firmansyah and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web,†Algoritma, vol. 14, no. 2302–7339, pp. 464–473, 2017.
  9. A. D. Supriatna and N. Sherin, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mobil di Dealer Lung Ma Motor,†J. Algoritm., 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.305.
  10. A. Irwinsyah, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Kue Kering Berbasis Web ( Studi Kasus Industri Rumahan Winda ),†2015, 2015.
  11. A. Anwar, “A Review of RUP (Rational Unified Process),†Int. J. Softw. Eng., 2014.
  12. D. S. adillah Maylawati, M. A. Ramdhani, and A. S. Amin, “Tracing the linkage of several Unified Modelling Language diagrams in software modelling based on best practices,†Int. J. Eng. Technol., 2018, doi: 10.14419/ijet.v7i2.29.14255.