Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi surat-surat pendek berbasis dekstop. Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini sangat pesat. Salah satu bidang yang telah mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dalam proses belajar Al-Quran kita diajarkan untuk menghafal Al-Quran dari surat-surat Juz Amma ini. Dari pemasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat rancang bangun aplikasi pembelajaran surat-surat pendek untuk usia dini bertujuan menjadi salah satu referensi dalam belajar dan menghafal surat-surat pendek (Al-Fatihah sampai dengan Ad-Duha) serta mempelajari artinya menggunakan platform dekstop yang berisi animasi dan pengenalan kosakata yang menggunakan konten multimedia, dengan menggunakan metode pengembangan multimedia (Multimedia Development Life Cycle ) versi Luther-Sutopo, tahap yang digunakan dalam penelitian yaitu: Concept, Design, Material Collecting, Assembly dan Testing. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan metode kuesioner. Pengujian aplikasi ini terdiri dari pengujian Alpha yaitu pengujian dilakukan dalam lingkungan pengembang dan pengujian beta yaitu pengujian oleh target pengguna. Hasil dari pengujian diperoleh nilai koefisien sebesar 84,4 dengan kategori sangat baik. Maka dari itu, aplikasi ini membantu dalam pembelajaran surat-surat pendek untuk anak usia dini disertai animasi dan suara yang sesuai dengan materi yang belum banyak sebelumnya, serta tambahan materi kosakata dan ilmu tajwid dengan mengutamakan keunikan visual dan fitur-fitur multimedia semenarik mungkin.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- N. Hasibuan, “Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implementasi Teknologi Pendidikan,†FITRAH, vol. 01, hal. 189–206, 2015.
- K. A. Aka, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar,†Pendidik. dan pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 01, hal. 28–37, 2017, doi: 10.30651/else.v1i2a.1041.
- Nurdyansyah, “Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan,†Univesitas Negeri Surabaya, 2017.
- C. Susianti, “Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal AL-Quran Anak Usia Dini,†Tunas Siliwangi, vol. 02, hal. 1–19, 2016, doi: 10.22460/ts.v2i1p1-19.305.
- M. J. Yusuf, “Metode Iqra: Kajian inovasi Pembelajaran Al-Qur’an,†Edukasi, vol. 3, hal. 60–69, 2017, doi: 10.22373/je.v3i2.3097.
- Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.
- Muhajirin, “Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Iinformsi Dan Komunikasi Pada Taman Pengajian Al-Qur’an Nurul Muhammad Dan Miftahul Khair,†Inspiraton, vol. 06, hal. 165–172, 2016, doi: 10.35585/inspir.v6i2.2426.
- D. Nasikha, “Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tsaqifa,†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
- A. Adhyani, “Pengembangan Sistem Multimedia Pembelajaran Iqra menggunakan Metdoe Luther,†Algoritma, vol. 12, hal. 264–270, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.264.
- A. N. Vitry, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia,†Algoritma, vol. 12, hal. 1–9, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.12-1.74.
- N. A. Abdul Aziz dan N. Jaafar, “Penguasaan Pembelajaran al-Quran Berbantukan Aplikasi Multimedia Interaktif Smart Iqra’: Kajian di Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas Alma, Pulau Pinang,†J. Quran Sunnah Educ. Spec. Needs, vol. 2, no. 2, hal. 24–36, 2018, doi: 10.33102/jqss.vol2no2.16.
- V. Maarif dan W. R. , Hidayat Muhammad Nur, “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android,†Evolusi, vol. 6, no. 1, hal. 91–100, 2018.
- I. Binanto, Multimedia Digital: Dasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta: ANDI, 2010.
- R. S. Pressman, Software Engineering: a practitioner’s approach. New York: McGraw-Hill., 2010.
References
N. Hasibuan, “Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implementasi Teknologi Pendidikan,†FITRAH, vol. 01, hal. 189–206, 2015.
K. A. Aka, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar,†Pendidik. dan pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 01, hal. 28–37, 2017, doi: 10.30651/else.v1i2a.1041.
Nurdyansyah, “Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan,†Univesitas Negeri Surabaya, 2017.
C. Susianti, “Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal AL-Quran Anak Usia Dini,†Tunas Siliwangi, vol. 02, hal. 1–19, 2016, doi: 10.22460/ts.v2i1p1-19.305.
M. J. Yusuf, “Metode Iqra: Kajian inovasi Pembelajaran Al-Qur’an,†Edukasi, vol. 3, hal. 60–69, 2017, doi: 10.22373/je.v3i2.3097.
Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.
Muhajirin, “Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Iinformsi Dan Komunikasi Pada Taman Pengajian Al-Qur’an Nurul Muhammad Dan Miftahul Khair,†Inspiraton, vol. 06, hal. 165–172, 2016, doi: 10.35585/inspir.v6i2.2426.
D. Nasikha, “Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tsaqifa,†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
A. Adhyani, “Pengembangan Sistem Multimedia Pembelajaran Iqra menggunakan Metdoe Luther,†Algoritma, vol. 12, hal. 264–270, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.264.
A. N. Vitry, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia,†Algoritma, vol. 12, hal. 1–9, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.12-1.74.
N. A. Abdul Aziz dan N. Jaafar, “Penguasaan Pembelajaran al-Quran Berbantukan Aplikasi Multimedia Interaktif Smart Iqra’: Kajian di Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas Alma, Pulau Pinang,†J. Quran Sunnah Educ. Spec. Needs, vol. 2, no. 2, hal. 24–36, 2018, doi: 10.33102/jqss.vol2no2.16.
V. Maarif dan W. R. , Hidayat Muhammad Nur, “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android,†Evolusi, vol. 6, no. 1, hal. 91–100, 2018.
I. Binanto, Multimedia Digital: Dasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta: ANDI, 2010.
R. S. Pressman, Software Engineering: a practitioner’s approach. New York: McGraw-Hill., 2010.