Isi Artikel Utama

Abstrak

Tanaman daun herbal memiliki potensi untuk menjadi alternatif pengobatan dan peningkatan daya saing ekonomi nasional karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. mengenal tanaman daun herbal merupakan salah satu materi pembelajaran yang diberikan kepada anak Sekolah Dasar yang terdapat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Seiring dengan mengikuti perkembangan zaman, media untuk menyampaikan suatu informasi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, dari mulai dengan menggunakan buku, pembelajaran langsung dilapangan, video edukasi dan teknologi-teknologi terbaru lain yang baru dikemukakan salah satunya adalah dengan Augmented Reality. Dengan adanya perkembangan teknologi Augmented Reality ini, dibuat penelitian yang ditujukan untuk membangun suatu media pembelajaran mengenal tanaman daun herbal secara interaktif yang untuk siswa kelas 4 Sekolah Dasar sebagai bahan bantu ajar di dalam kelas dalam memahami isi materi yang ada, Dengan dibuatnya penelitian ini, diharapkan mampu meningkatkan minat siswa dalam mempelajari tanaman daun herbal yang terdapat disekitar lingkungan mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi Research & Development yang terdiri dari tahapan analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba  pemakaian, hasil produk dan publikasi produk. Adapun hasil dari penelitian ini merupakan berupa produk aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan tanaman daun herbal untuk siswa Sekolah Dasar yang dikemas kedalam bentuk platform android untuk mengoperasikannya.

Kata Kunci

Augmented Reality Herbal Plants Learning Media Research & Development Augmented Reality Media Pembelajaran Research & Development Tanaman Herbal

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Hariyana, Institut Teknologi Garut

Ilmu Komputer, Teknik Informatika

Cara Mengutip
[1]
A. Latifah, D. Tresnawati, dan H. Sanjaya, “Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Tanaman Daun Herbal”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, hlm. 515–526, Nov 2022.

References

  1. T. Limbong and J. Simarmata, "Media dan Multimedia Pembelajaran : Teori & Praktik," Yayasan Kita Menulis, 2020.
  2. A. Nugroho and B. A. Pramono, "Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung Universitas Semarang," Jurnal Transformatika, vol. 14, pp. 86-91, 2017.
  3. T. Yuliono, Sarwanto and P. Rintayati, "Keefektifan Media Pembelajaran Augmen ted Reality Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia," Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 03, pp. 65-84, 2018.
  4. F. Hidayanto, S. A. Ardi, M. Z. Ilmi, I. G. Sutopo, A. M. Religia and F. N. Millah, "Tanaman Herbal Sebagai Tanaman Hias Dan Tanaman ," Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, vol. 4, pp. 1-4, 2015.
  5. E. Widaryanto and N. Azizah , Perspektif Tanaman Obat Berkhasiat, Malang: UB Press, 2018.
  6. D. Tresnawati and I. M. Albani, "Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality," Jurnal Algoritma, vol. 17, pp. 547-552, 2020.
  7. Tresnawati, Dewi; Desfriansyah , Muhamad Firzan;, "Rancang Bangun Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Menggunakan Marker-Based Augmented Reality," Jurnal Algoritma, pp. 402-408, 2020.
  8. D. Agustina, A. Mardianti and R. F. Aziz, "Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Jenis-Jenis Tanaman Herbal Berbasis Android," Jurnal IKRA-ITH, vol. 4, pp. 89-94, 2020.
  9. S. Rahayu and A. P. Setya, "Aplikasi Pengenalan Hewan untuk Anak Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality," Jurnal Algoritma, vol. Vol. 19; No. 1, pp. 106-112, 2021.
  10. A. Latifah, A. D. Supriatna and K. Hawaari, "Rancang Bangun Media Pembelajaran Obat Tradisional Untuk Penyakit Kulit Berbasis Android," Jurnal Algoritma, vol. 17, pp. 394-401, 20120.
  11. A. Latifah, E. Satria, and A. Kamaludin, “Pengembangan Game Classic Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android,†J. Algorithm ., vol. 19, no. 1, pp. 100–109, May 2022, doi: 10.33364/ALGORITMA/V.19-1.1009.
  12. A. Latifah, R. E. G. Rahayu, and A. Adam Faroqi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk TK/Paud Berbasis Android,†J. Algorithm ., vol. 17, no. 2, pp. 378–385, Feb. 2020, doi: 10.33364/ALGORITMA/V.17-2.378.
  13. Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development, Alfabeta, 2015.