Isi Artikel Utama

Abstrak

Era saat ini,  usia dini lebih tepengaruhi dengan game yang terdapat pada layer Android dibandingkan game kedaerahan lainnya. Teknologi informasi dapat menjadi perantara untuk dapat memberikan pengalaman baru pada peranti Android, yaitu media pembelajaran yang interaktif. harapan dari observasi ini adalah untuk membuat aplikasi media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan bahasa asing khusunya Bahasa inggris untuk PAUD. Masalah yang dihadapi oleh para guru yang mengajar di PAUD tersebut adalah para anak- anak Bahasa inggris sehingga mudah ditiru oleh guru guru kurang menguasai Bahasa inggris, maka diperlukan aplikasi media pembelajaran seperti pelafalan angka dalam Bahasa iggris dengan audio, atau nyanyian, dan untuk memudahkan guru dalam mengajarkan bahasa inggris dengan menarik dan tidak membosankan  kepada anak sejak dini. Aplikasi pembelajaran ini dirancang untuk mengatasi dampak negatif penggunaan smartphone pada anak dan mengenalkan bahasa Inggris sejak dini sebagai salah satu materi pembelajaran. Media pembelajaran interaktif ini dirancang untuk membantu anak menajamkan daya ingat dan meningkatkan fokus mereka pada layanan pembelajaran. Selain memberikan pengetahuan dan pembelajaran, juga dapat memberikan hiburan bagi pengguna atau anak. Media pembelajaran interaktif ini memberikan gambaran yang jelas tentang bahasa Inggris sejak dini, membantu anak menguasai pengenalan bahasa Inggris sejak dini, dan memudahkan anak-anak untuk belajar bahasa asing, terutama pengenalan bahasa Inggris ini. Harap dipahami pada usia dini. Perancangan media pembelajaran interaktif pengenalan bahasa Inggris ini mengikuti metodologi MDLC pengembangan multimedia yang terdiri dari enam tahap meliputi konsep, perancangan, dokumentasi materi, pengembangan aplikasi,  pengujian, dan penyampaian hasil akhir aplikasi yang menggunakan versi Luther-Sutopo. Prototype atau tujuan aplikasi ini merupakan media pembelajaran interaktif  untuk memperkenalkan bahasa Inggris ke pendidikan anak usia dini.

Kata Kunci

Android PAUD MDLC method Android PAUD Metode MDLC

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
L. Fitriani, D. D. S. Fatimah, dan S. Novitasari, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Inggris untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, hlm. 537–546, Nov 2022.

References

  1. S. L. Rahayu and F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 341, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853694.
  2. N. Azizah, B. B. Butar, I. T. Wahyuni, D. Program, and S. Manajemen, “ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN DASAR BAHASA INGGRIS PADA TK AN-NURUDDIN DEPOK,†vol. 4, no. 1, pp. 29–40, 2018.
  3. D. Tresnawati, S. Rahayu, and K. Yusuf, “Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar,†J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 182–191, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.954.
  4. A. K. Kadoena, S. R. U. A. Sompie, and R. Sengkey, “Educational Game Application the Introduction to Types of Healthy Food for Children,†J. Tek. Inform., vol. 16, no. 1, pp. 7–18, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/32372
  5. F. Novitasari, Y. Djahir, and S. Fatimah, “Pengaruh Media Adobe Illustrator Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Srijaya Negara,†Profit, vol. 2, no. 1, pp. 59–67, 2015.
  6. Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),†J. Mikrotik, vol. 8, no. 1, pp. 1–14, 2018.
  7. M. D. Muwaffaq, L. ;Fitriani, and A. R. ;Atmadja, “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Alat Pencernaan Manusia Dengan Perangkat Mobile,†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 186–191, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.186.
  8. D. F. S. Destiani, D. Tresnawati, and A. Nugraha, “Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D),†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 173–180, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.173.
  9. M. O. Bella, A. Prambayun, and P. Maharani, “Multimedia Interaktif Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini,†MDP STUDENT Conf., pp. 614–621, 2022.
  10. S. Aisa and A. Akhriana, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android,†e-Jurnal JUSITI (Jurnal Sist. Inf. dan Teknol. Informasi), vol. 82, no. 2, pp. 100–110, 2019, doi: 10.36774/jusiti.v8i2.611.
  11. Munir, Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan, vol. 58, no. 12. 2020. [Online]. Available: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/MULTIMEDIA Konsep %26 Aplikasi dalam Pendidikan.pdf
  12. A. Latifah, E. Gunadhi, and A. Faroqi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk TK / Paud Berbasis Android,†pp. 378–385.
  13. Eri Satria, Ayu Latifah, and Muhamad Paroji, “Rancang Bangun Aplikasi Katalog Wisata di Garut Menggunakan Teknologi Virtual Reality,†J. Algoritm., vol. 19, no. 1, pp. 78–87, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1003.