Isi Artikel Utama

Abstrak

Media pembelajaran interaktif dapat menjadi suatu teknologi informasi yang bisa menyampaikan teknik pembelajaran yang baru dengan memakai perangkat android yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar serta sebagai solusi atau pemecah masalah. Media pembelajaran interaktif ini dirancang untuk semua kalangan khususnya di lingkungan umum secara luas sebagai media pembelajaran yang dikemas sebagai aplikasi android agar pembelajaran lebih efektif dan efisien. Tidak hanya memberikan pengetahuan dan pembelajaran, namun dapat memberikan kesan yang menyenangkan bagi para pengguna. Dalam media pembelajaran memiliki keterampilan motorik yang hebat karena dapat mentransmisikan pengalaman baru sehingga informasi yang tersimpan didalamnya dapat tersampainya dan diingat oleh semua pengguna yang sebagian besar memiliki keinginan yang besar memahami segala sesuatu di sekitarnya, bahkan apa pun yang baru saja mereka lihat. Media pembelajaran interaktif ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas bagi para pelajar tentang pengenalan alat pembuatan kain batik, meningkatkan motivasi dan minat serta dapat menghilangkan rasa bosan dalam pembelajaran. Media pembelajaran interaktif pengenalan alat pembuatan kain batik ini memakai metode MDLC (Multimedia Development Lifecycle) versi Luther-Sutopo yang memiliki 6 langakah, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Penelitian ini membuat sebuah aplikasi yang menampilkan media pembelajaran interaktif pengenalan alat pembuatan kain batik yang dapat diakses di mana saja.

Kata Kunci

Androids Batik fabric Interactive Learning Media Multimedia Development Lifecycle Android Media Pembelajaran Interaktif Multimedia Development Lifecycle Kain Batik

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
L. Fitriani, D. D. S. Fatimah, dan L. P. Maharani, “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Alat Pembuatan Kain Batik Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, hlm. 558–566, Nov 2022.

References

  1. M. D. Muwaffaq, L. Fitriani, and A. R. Atmadja, “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Alat Pencernaan Manusia Dengan Perangkat Mobile,†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 186–191, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.186.
  2. A. Faisal, A. G. Apip, S. Acep, S. Irwan, and T. Kusnadi, “Aplikasi Pengenalan Batik Tradisional Indonesia,†Apl. Pengenalan Batik Tradis. Indones. Berbas., pp. 1–12, 2016.
  3. M. Ichwan, M. G. Husada, and M. Iqbal Ar Rasyid, “Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android,†J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 13–25, 2013.
  4. R. Istiqfarina, “Karakteristik Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso,†2018, [Online]. Available: http://repository.isi-ska.ac.id/2780/.
  5. K. Kudiya, Kreativitas dalam desain Batik. Bandung: ITB Press, 2019.
  6. V. T. Mudiyanto Setiawan, Arie S.M Lumenta, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar,†E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 4, pp. 36–46, 2016.
  7. R. Amaliyyah, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mobawi untuk Mengenalkan Motif Batik Ngawi di Sekolah Dasar,†vol. 6, no. 5, p. 6, 2021.
  8. Suhud and A. Fitriansyah, “Perancangan Media Pembelajaran Pembuatan Batik Banten Pada Pt . Batik Banten Mukarnas Berbasis Multimedia,†J. PROSISKO, vol. 4, no. 1, pp. 48–52, 2017.
  9. D. D. S. Fatimah and B. Taufikulmanan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Sayuran Berbasis Multimedia Development Life Cycle,†J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 97–105, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.837.
  10. D. Tresnawati, L. Fitriani, and H. Mubarok, “Pendekatan MDLC untuk Media Pembelajaran Pengenalan HIV/AIDS Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 354–360, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.354.
  11. D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and A. Nugraha, “Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D),†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 173–180, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.173.
  12. S. Dan et al., “EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 2 Nomor 1, Februari 2022,†vol. 2, pp. 52–64, 2022.