Isi Artikel Utama
Abstrak
Penyampaian informasi mengenai adanya diskon maupun informasi produk baru di Air”™s Leather awalnya hanya melalui media website dan blackberry messanger (BBM), mengingat tidak semua orang dapat mengakses internet tiap hari dan tidak memiliki handphone dengan fitur BBM, maka aplikasi Short Message Service (SMS) Gateway dengan fitur autoreply dapat dikembangkan dan digunakan sebagai media untuk penyampaian informasi mengenai diskon maupun adanya produk baru. Maka dengan digunakannya aplikasi ini dapat menjangkau calon pelanggan jauh lebih banyak lagi. Tujuan dari pengembangan aplikasi SMS Gateway dengan fitur Autoreply ini adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam proses penyampaian informasi mengenai diskon dan produk baru kepada pelanggan dan calon pelanggan baru. Adapun batasan pada pengembangan ini hanya mencakup pada proses bisnis yang berlaku di Air”™s Leather dan perangkat lunak dikembangkan sampai pada tahap pengujian yang mempertemukan hasil pengembangan dengan kebutuhan. Sistem dirancang dengan menggunakan metodologi pengembangan sistem tradisional yaitu Sequensial Linier yang terdiri dari tahapan requirement, analysis, design, implementation dan testing. Hasil dari pengembangan ini adalah aplikasi SMS Gateway dengan fitur Autoreply untuk untuk promosi. Adapun saran dari pengembangan ini diharapkan dapat menambah fitur schedule SMS agar dapat mengirim pesan terjadwal, adanya pengelompokan pelanggan seperti disesuaikan dengan jenis kelamin, hobi, umur sehingga penyampaian informasi promosi dapat jauh lebih tepat sasaran dan menambahkan fitur untuk membuat laporan, sehingga pemilik perusahaan yang memakai aplikasi ini dapat mengetahui jumlah SMS yang masuk dan keluar dan dapat menghitung biaya yang dikeluarkan selama satu bulan.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
[1]
T. R. Abdul H, D. D. Siti Fatimah, dan R. Cahyana, “PENGEMBANGAN APLIKASI SHORT MESSAGE SERVICE GATEWAY DENGAN FITUR AUTOREPLY SHORT MESSAGE SERVICE UNTUK PROMOSI DI AIR”™S LEATHER”, Jurnal Algoritma, vol. 10, no. 2, hlm. 187–197, Sep 2014.