Isi Artikel Utama

Abstrak

Undangan digital menjadi trend yang diminati, salah satunya adalah undangan pernikahan. Undangan digital diminati karena kemudahan penyebarannya menggunakan media sosial tanpa perlu mengantarkannya ke rumah masing-masing yang diundang. Content management wedding invitation bertujuan untuk dapat membantu pengguna dalam pengelolaan undangan pernikahan sehingga menjadi lebih mudah dengan kustomisasi undangan dan penyebaran undangan yang cepat dapat mengurangi penggunaan kertas dan membantu dalam pengelolaan keuangan admin. Penelitian ini menggunakan metode Object-Oriented Hypermedia Design Method (OOHDM) dengan menggunakan tahapan – tahapan yang digunakan dalam membangun content management system wedding invitation berbasis web multimedia yaitu tahapan domain analysis, navigational design, abstract interface design, dan implementation. Hasil yang diperoleh berupa content management system yang dapat membantu pengguna dalam membuat dan mengelola serta mendesain undangan pernikahan sesuai dengan keinginannya, dapat membantu admin dalam mengelola keuangan, mencetak laporan keuangan secara otomatis dan juga membantu pengguna untuk membuat atau mengelola undangan. Dengan menggunakan content management system wedding invitation diperoleh hasil teknologi yang dapat berkontribusi dalam membantu suatu kegiatan penyediaan informasi dalam cakupan undangan pernikahan menjadi lebih modular dan reusable, membantu pengguna dalam proses pengelolaan undangan pernikahan, melakukan kustomisasi tampilan sesuai keinginan, membantu admin atau pengelola web dalam pengelolaan laporan keuangan dengan menghemat waktu dalam melakukan pencarian data keuangan berdasarkan tanggal.

Kata Kunci

Content Management System Object Oriented Hypermedia Design Method Web Multimedia Wedding Invitation Content Management System Object Oriented Hypermedia Design Method Web Multimedia Wedding Invitation

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Rostilawati, D. Kurniadi, dan R. Setiawan, “Rancang Bangun Content Management System Wedding Invitation Berbasis Web Multimedia Menggunakan Metode Object Oriented Hypermedia Design”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, hlm. 669–680, Nov 2022.

References

  1. A. R. B. Utomo, M. L. Famukhit, dan D. Rahayu, “Analisis Minat Undangan Pernikahan Konvensional dan Undangan Digital,†hal. 1–10, 2020.
  2. Romney & Steinbart, “Bab Ii Landasan Teori,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 8–24, 2018.
  3. E. Erlistia, “Perancangan Desain Web Dan Instagram Undangan Pernikahan ‘Anytime Wedding Invitation,’†Ars J. Seni Rupa dan Desain, vol. 21, no. 1, hal. 46–65, 2019, doi: 10.24821/ars.v21i1.2869.
  4. A. A. Banikalef, “Discourse Analysis of Jordanian Online Wedding Invitation Cards During COVID-19 Pandemic,†Int. J. English Linguist., vol. 10, no. 5, hal. 173, 2020, doi: 10.5539/ijel.v10n5p173.
  5. P. Studi, T. Informatika, dan S. Jayakarta, “Perancangan aplikasi undangan digital berbasis website menggunakan codeigniter 4,†vol. 2, hal. 1–14, 2022.
  6. U. Salamah dan F. Khasanah, “Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing,†Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, hal. 35–46, 2017.
  7. D. Schwabe dan G. Rossi, “The Object-Oriented Hypermedia Design Model,†Commun. ACM, vol. 38, no. 8, hal. 45–46, 1995, doi: 10.1145/208344.208354.
  8. A. M. Asmura, Afriyudi, “Implementasi Object Oriented Hypermedia Design Method Pada Sistem Informasi Akademik Smk Madyatama,†hal. 1–10, 2017.
  9. L. Zakaria, F. Uza, dan F. W Ariesbowo, Let’s Get Married, Panduan Lengkap Menuju Resepsi Pernikahan. Penebar Swadaya, 2018.
  10. I. G. T. Isa dan G. P. Hartawan, “Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi,†J. Ilm. Ilmu Ekon., vol. 5, no. 10, hal. 139–151, 2017.
  11. T. Limbong dan J. Simarmata, Media dan Multimedia. CV Budi Utama, 2020.
  12. Google, “Chrome browser system requirements,†Google, 2022. https://support.google.com/chrome/a/answer/7100626?hl=en#:~:text=To use Chrome browser on,or later that’s SSE3 capable.