Isi Artikel Utama

Abstrak

Desain interaksi sekarang tersebar luas dalam pengembangan produk dan layanan. Berbagai pengembang perangkat lunak berlomba untuk menciptakan aplikasi yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi penggunanya. Hal ini berdampak terhadap loyalitas pengguna dalam menggunakan sebuah aplikasi menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang untuk terus menerus meningkatkan kualitas dan memberikan pengalaman bagi pengguna sehingga dapat dengan mudah dan mudah dipahami bagaimana alur dari aplikasi alur dari aplikasi tersebut dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaiman menerapkan metode User Centered Design (UCD) dengan kerangka kerja Kanban dalam merancang sebuah desain interaksi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga pengguna dengan dengan mudah memahami dan mengunakan aplikasi tersebut. Dalam mencapai tujuan dari penelitian, diterapkan metode User Centered Design (UCD) dimana metode ini berfokus kepada perancangan dengan melibatkan pengguna langsung dalam kegiatan pengembangan sistemnya. Selain itu dibuat kerangka kerja menggunakan kanban sebagai proses monitioring selama penelitian berjalan. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan desain interaksi menggunakan metode UCD dan kerangka kerja Kanban dapat menciptakan sebuah desain interaksi yang mudah digunakan.

Kata Kunci

Androids Games Interaction Design Kanban UCD UI/UX Android Desain Interaksi Game Kanban UCD UI/UX

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. Hartono dan T. I. Ramadhan, “Implementasi Metode User Centered Design (UCD) dengan Framework Kanban dalam Membangun Desain Interaksi”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, hlm. 823–831, Des 2022.

References

  1. H. Naufal and A. G. Persada, “Desain Interaksi Berbasis User Experience pada Mobile Application : Suatu Tinjauan Literatur,†2020.
  2. R. Syahdatina, H. Tolle, and H. Muslimah Az-Zahra, “Perancangan Desain Interaksi Aplikasi Malang Sehat Modul Pendataan dan Monitoring Kesehatan Masyarakat Kota Malang dengan menggunakan Metode Human-Centered Design,†2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
  3. T. O. Mayasari, E. R. Widasari, and H. Fitriyah, “Desain Interaksi Aplikasi Pengendali Smart Home Menggunakan Smartphone Android,†2017. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
  4. A. I. G. Prakasa and F. Ardiansyah, “Perancangan User Experience Aplikasi Marketplace Paket Wisata Indonesia untuk Wisatawan Lokal,†Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 2018, doi: 10.29244/jika.5.1.51-60.
  5. S. A. Abdallah Umar and R. Isyawati Permata Ganggi, “Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada iJATENG,†2019. [Online]. Available: https://kominfo.go.id
  6. A. Syahputra, “PERANCANGAN Aplikasi Multimedia Pembelajaran Iqro’ Menerapkan Konsep User Centered Design,†JURTEKSI (JURNAL TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI), vol. 3, no. 2, pp. 117–129, 2017.
  7. R. Hartono, “Penerapan Kanban Model Sebagai Metode Perancangan Sistem Informasi (Studi Kasus: Pemetaan Sekolah SMA/K/MA Kota Tasikmalaya),†Jurnal PETIK, vol. 8, no. 1, pp. 27–34, Mar. 2022.
  8. A. Sumarudin and A. Suheryadi, “Penerapan Sistem Informasi Penelitian Internal Di Politeknik Negeri Indramayu Menggunakan Metode Kanban,†2021. [Online]. Available: http://jurnal-itsi.org
  9. R. Cole, “agile project management brilliant,†2015.
  10. J. Preece, Book - Helen Sharp, Jenny Preece, Yvonne Rogers - Interaction Design_ Beyond Human-Computer Interaction-Wiley (2019). 2019.
  11. M. R. Shadiq, B. Susanto, and I. v Paputungan, “Desain Aplikasi Pemesanan Event Organizer ‘ Evoria ’ dengan Pendekatan User - Centered Design,†Automata, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2020.
  12. K. Bittner and I. Spence, Use case modeling. Addison-Wesley Professional, 2003.