Isi Artikel Utama

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi hingga detik ini membawa perkembangan serta kemajuan positif bagi dunia pendidikan dengan terciptanya berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang beragam dan bisa dipakai dalam berbagai macam ilmu, salah satunya dalam ilmu bahasa. Ilmu bahasa dalam dunia pendidikan menjadi salah satu mata pelajaran yang penting, salah satunya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, ada beberapa bahasa lainnya yang wajib untuk dipelajari, salah satunya Bahasa Arab.Indonesia adalah salah satu Negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, dan Bahasa Arab menjadi salah satu kurikulum pelajaran yang penting di bidang pendidikan Islam, seperti Pondok Pesantren atau sekolah berbasis Islam. Teknologi Augmented Reality merupakan teknologi yang mengambil dua aspek yaitu dunia nyata dan dunia maya, salah satu teknologi yang digunakan dalam AR ini adalah kamera disertai dengan penggunaan metode Multimedia Development Life Cycle terdiri dari enam tahap, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Serta, dengan menggunakan beberapa alat dan bahan berupa Hardware ASUS A456U dan Samsung J6+ dengan software yang digunakan Unity. Dalam hal ini, pemanfaatan media pembelajaran dengan teknologi digital AR dibuat untuk para pelajar Sekolah Dasar Islam Terpadu, dimana di dalamnya terdapat mata pelajaran bahasa arab sebagai bahasa yang wajib dipelajari dan diketahui dalam proses KBM.

Kata Kunci

Arabic Integrated Islamic elementary school Noun Multimedia Development Life Cycle Bahasa Arab Kata Benda Sekolah Dasar Islam Terpadu Multimedia Development Life Cycle

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, A. Latifah, dan H. Haniyah, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Kata Benda Bahasa Arab pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, hlm. 781–789, Nov 2022.

References

  1. Z. Nurul, C. Rahmayani, Humaira, and Sunarti, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di RA Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai,” AUD Cendekia J. Islam. Early Child. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 30–48, 2021.
  2. V. Atina, N. Nurchim, and Y. A. Yudha, “Penerapan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Digital di Taman Kanak-Kanak,” Indones. J. Community Serv., vol. 2, no. 2, p. 172, 2020, doi: 10.30659/ijocs.2.2.172-180.
  3. L. Fitriani, R. E. G. Rahayu, and R. Firmansyah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Organ Dalam Tubuh Manusia dengan Penerapan Metode Augmented Reality,” J. Algoritm., vol. 18, no. 2, pp. 574–582, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.18-2.971.
  4. D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and A. Nugraha, “Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D),” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 173–180, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.173.
  5. H. H. Syahputra, H. Hasrudin, and D. Ely, “The development of biology interactive learning media based macromedia flash in the material of digestive system of human at class xi sma/ma,” in Proceeding Biology Education Conference, 2015, pp. 636–643.
  6. F. Teknologi and U. Nasional, “Pengenalan tujuh keajaiban dunia melalui augmented reality sebagai edukasi anak usia dini berbasis mobile,” vol. 06, pp. 196–204, 2021.
  7. A. Abdillah, I. N. Degeng, and A. Husna, “Pengembangan Buku Suplemen dengan Teknologi 3D Augmented Reality sebagai Bahan Belajar Tematik untuk Siswa Kelas 4 SD,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 111–118, 2020, doi: 10.17977/um031v6i22020p111.
  8. P. D. Munir, “Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan.,” 2012.
  9. D. D. S. Fatimah and B. Taufikulmanan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Sayuran Berbasis Multimedia Development Life Cycle,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 97–105, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.837.
  10. A. Abdillah, A. F., Degeng, I. N. S., & Husna, “Pengembangan buku suplemen dengan teknologi 3D augmented reality sebagai bahan belajar tematik untuk siswa kelas 4 SD,” J. Inov. Teknol. Pembelajaran, vol. 113, p. 113, 2020.
  11. A. Cahyani, M. Fauzan, K. Aprilia, R. Putri, and A. D. Larasati, “Arabic Vocabulary : The Concept of Augmented Reality-Based Application to Improve Arabic Vocabulary Mastery Arabic Vocabulary : Konsep Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab,” vol. 1, no. 8, pp. 1158–1170, 2021, doi: 10.17977/um064v1i82021p1158-1170.
  12. M. Hasyim and I. Rosadi, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Menggunakan Metode Markerless Tracking,” … IT! J. Keilmuan dan Apl. …, vol. 5, no. 36, pp. 28–34, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/EXPLORE-IT/article/view/2684
  13. A. Cahyani, M. Fauzan, K. A. R. Putri, A. D. Larasati, N. H. Sakdiyah, and A. Tohuri, “Arabic Vocabulary: Konsep Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab,” JoLLA J. Lang. Lit. Arts, vol. 1, no. 8, pp. 1158–1170, 2021, doi: 10.17977/um064v1i82021p1158-1170.
  14. A. Abdillah, I. N. Degeng, and A. Husna, “Pengembangan Buku Suplemen dengan Teknologi 3D Augmented Reality sebagai Bahan Belajar Tematik untuk Siswa Kelas 4 SD,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 111–118, Feb. 2020, doi: 10.17977/um031v6i22020p111.