Isi Artikel Utama

Abstrak

Penempatan berbagai ruangan yang terdapat di-kampus Institut Teknologi Garut tersusun dengan rapih dengan jumlah ruangan yang tidak sedikit, dengan terbatasnya media informasi alokasi penempatan ruangan, penulis memutuskan mengangkat masalah informasi alokasi ruang agar dapat di-visualisasikan ke dalam aplikasi android dan dapat ditampilkan secara virtual pada smartphone android. Penelitian ini bertujuan membuat kampus virtual dan dapat di-eksplor oleh user dengan menggunakan smartphone android. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (RnD) dalam tahapan pembuatan aplikasi dan menerapkan pengembangan ADDIE dengan tahapan analyze, design, develop, implement dan evaluate teknologi augmented reality dan dipadukan dengan sowftware Unity 3D dalam proses pembuatan aplikasi. Penelitian ini menghasilkan  aplikasi kampus virtual yang dapat digunakan oleh civitas akademik maupun mahasiswa dalam mencari alokasi ruangan yang dicari dengan menggunakan smartphone android, adapun fitur utama dalam aplikasi ini adalah meng-eksplorasi bagian-bagian kampus. Diharapkan aplikasi yang dibuat ini dapat berlanjut dengan pengembangan berbagai fitur baru dalam proses eksplorasi maupun fitur teleportasi untuk mempermudah user dalam mencari ruangan sesuai nama ruangan tersebut.

Kata Kunci

ADDIE Development Model Androids Augmented Reality Campus Floor Plan Institut Teknologi Garut Android Augmented Reality Denah Kampus Institut Teknologi Garut Model Pengembangan ADDIE

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Eri Satria, Institut Teknologi Garut

Jurusan Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika

Ari Hermawan, Institut Teknologi Garut

Jurusan Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika

Cara Mengutip
[1]
A. Latifah, E. Satria, dan A. . Hermawan, “Penerapan Augmented Reality untuk Informasi Denah Kampus Institut Teknologi Garut”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, hlm. 770–780, Nov 2022.

References

  1. E. Satria and R. Cahyana, “Pengembangan Aplikasi Zakat Berbasis Android Menggunakan Metode Prototype,†2014. [Online]. Available: http://jurnal.sttgarut.ac.id
  2. E. Satria, D. Tresnawati, and C. Saepuloh, “Rancang Bangun Aplikasi Ibadah Dzikir Dan Doa Harian Berbasis Android,†2017. [Online]. Available: http://journals.sttgarut.ac.id
  3. M. Roziqin and I. A. Astuti, “Pembuatan Prototype Augmented Reality Sebagai Langkah Mitigasi Bencana Gunung Merapi,†INFOS Journal-Information System Journal, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2019.
  4. D. Destiani, S. Fatimah, and B. Taufikulmanan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Sayuran Berbasis Multimedia Development Life Cycle.†[Online]. Available: http://jurnal.itg.ac.id/
  5. M. B. Firdaus, J. A. Widians, and R. Rivaldi, “Augmented Reality Marker Based Tracking Kayu Bahan Baku Kerajinan Khas Kalimantan Timur,†Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 16, no. 1, p. 1, Mar. 2021, doi: 10.30872/jim.v16i1.4994.
  6. E. Satria, S. Rahayu, and J. Jubaedi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Anatomi Tubuh pada Manusia Berbasis Android,†Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, pp. 69–76, 2021.
  7. A. Latifah, R. E. G. Rahayu, and A. Faroqi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk TK/Paud Berbasis Android,†Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, pp. 378–385, 2020.
  8. T. K. Prasetiyo, P. Setyosari, and S. Sihkabuden, “Pengembangan Media Augmented Reality untuk program keahlian teknik gambar bangunan di sekolah menengah kejuruan,†JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2018.
  9. A. Latifah, E. Gunadhi, and A. Faroqi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk TK/Paud Berbasis Android.†[Online]. Available: http://jurnal.sttgarut.ac.id/
  10. D. Destiani, S. Fatimah, and B. Taufikulmanan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Sayuran Berbasis Multimedia Development Life Cycle.†[Online]. Available: http://jurnal.itg.ac.id/
  11. D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and A. Nugraha, “Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D),†Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, pp. 173–180, 2019.
  12. K. Dan, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD,†2013.
  13. R. M. Branch, Instructional design: The ADDIE approach. Springer US, 2010. doi: 10.1007/978-0-387-09506-6.
  14. A. Latifah, A. Deddy Supriatna, and K. Hawaari, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Obat Tradisional Untuk Penyakit Kulit Berbasis Android,†2020. [Online]. Available: http://jurnal.sttgarut.ac.id/
  15. E. Satria, A. Latifah, and M. Paroji, “Rancang Bangun Aplikasi Katalog Wisata di Garut Menggunakan Teknologi Virtual Reality,†2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  16. A. Latifah, E. Satria, and A. Kamaludin, “Pengembangan Game Classic Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android,†2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  17. E. Satria, A. Sutedi, and P. Permatasari, “Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Pariwisata Garut Berbasis Android Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,†2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  18. E. Satria, A. Latifah, and R. Prasusetyo, “Perancangan Pengenalan Hewan Laut Berdasarkan Zona Kedalaman Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  19. A. Latifah, R. Setiawan, and A. Muharam, “Augmented Reality dalam Media Pembelajaran Tata Cara Berwudhu dan Tayamum,†Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), vol. 10, no. 3, p. 167, Dec. 2021, doi: 10.23887/janapati.v10i3.40869.