Isi Artikel Utama

Abstrak

Poliklinik merupakan sebuah fasilitas kesehatan untuk pelayanan kesehatan, yang terdiri dari medis dasar atau medis spesialistis. Pada sebuah poliklinik terdapat media antrean sebagai nomor urut pasien dari pertama sampai akhir. Dalam pengolahan antrean masih menggunakan kertas, dengan jumlah rata rata pasien yang datang sebanyak 10 sampai 15 orang perhari proses antrean membutuhkan waktu cukup lama, hal tersebut terkadang membuat pasien mengeluh karena proses antrean dan pendaftaran yang cukup memakan waktu. Tujuan penelitian ini membuat sebuah sistem antrean yang dapat mempermudah bagi pasien dan petugas yang terdapat di poliklinik, dengan adanya sistem antrean dapat memberikan kelancaran dan kemudahan dalam penanganan antrean. Dalam penyusunan penelitian ini untuk pengumpulan data melakukan observasi, wawancara, dan aplikasi sistem antrean menggunakan metode Rational Unified Process (RUP) metode ini mempunyai empat fase yaitu inception, elaboration, construction, dan transition, dimana pemodelan dengan Unified Modeling Language (UML), sedangkan untuk pembuatan aplikasi menggunakan Bahasa Python dan MySQL sebagai database. Pada akhirnya penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem antrean yang dapat diakses melalui web Browser secara online. Aplikasi ini diharapkan bisa membantu poliklinik penyakit dalam di rumah sakit Tk. IV.  03.07.04 Guntur untuk meminimalisir tumpukan antrean pasien.

Kata Kunci

Antrean Poliklinik RUP

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. Septiana, W. Baswardono, dan M. R. Rismawan, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Antrean di Poliklinik Penyakit Dalam”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 1, hlm. 211-220, Mei 2023.

Referensi

[1] R. J. Putri, U. M. Buana, Y. M. Putra, and U. M. Buana, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Pemanfaatan Teknologi Informasi Sistem Pengambilan Keputusan Pada PT . Astarindo Daya Sakti Dosen : Yananto Mihadi Putra , SE , M . Si,” no. December, pp. 1–11, 2019.
[2] S. Bahar, M. L. Mananohas, and C. E. J. C. Montolalu, “Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Adminstrasi SIM Resort Kepolisian Manado,” d’CARTESIAN, vol. 7, no. 1, p. 15, 2018, doi: 10.35799/dc.7.1.2018.19549.
[3] Nofyat, A. Ibrahim, and A. Ambarita, “Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.36549/ijis.v3i1.37.
[4] Visual Studio Code, “Visual Studio Code,” 2020.
[5] F. Ayu and N. Permatasari, “perancangan sistem informasi pengolahan data PKL pada divisi humas PT pegadaian,” J. Infra tech, vol. 2, no. 2, pp. 12–26, 2018.
[6] S. H. Harahap, “Analisis Pembelajaran Sistem Akuntansi Menggunakan Draw.Io Sebagai Perancangan Diagram Alir,” Pros. Semin. Nas. Multidisiplin Ilmu Univ. Asahan 2018, no. November, pp. 101–103, 2019.
[7] B. Iskandar and A. U. Hamdani, “Jasa Pengiriman Barang Studi Kasus : PT. XYZ,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, vol. 1, no. 2, pp. 67–72, 2017.
[8] I. Maryani, A. Ishaq, and D. S. Mulyadi, “Sistem Informasi Pemesanan Minuman Berbasis Client Server Pada Kampung Dahar Purwokerto,” Evolusi J. Sains dan Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 84–90, 2018, doi: 10.31294/evolusi.v6i2.4455.
[9] D. A. Rohim, A. Fitriansyah, and A. Sarwandianto, “Sistem Antrean Rumah Sakit Terpadu di RSUD Palabuhanratu Berbasis Java dan Mysql,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 1, no. 02, pp. 288–295, 2020, doi: 10.30998/jrami.v1i02.146.
[10] R. Melyanti, D. Irfan, A. Febriani, R. Khairana, and S. Hang Tuah Pekanbaru, “Rancang Bangun Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Syafira Berbasis Web Design of Online Queue System for Web-Based Visit of Patients in Syafira Hospital,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 192–198, 2020.
[11] R. A. Zulfikar and A. A. Supianto, “Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 361, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853891.
[12] D. F. Susilowati, “RANCANG BANGUN APLIKASI ANTRIAN PENDAFTARAN REALTIME PELAYANAN KESEHATAN RSUD CARUBAN BERBASIS WEB LARAVEL,” J. Manaj. Inform., vol. 11, pp. 151–156, 2020.
[13] Maghfirah, M. Aris Pasigai, and M. Nur Abdi, “Analisis Penerapan Sistem Antrian pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Unit Pallangga Kabupaten Gowa,” J. Profitab. Fak. Ekon. Dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 31–47, 2019.
[14] P. Kruchten, The Rational Unified Process An Introduction. 2004.
[15] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa perangkat lunak terstruktur Terstruktur dan berorientasi objek. bandung: Informatika Bandung, 2016.