Isi Artikel Utama

Abstrak

Coffee shop pada saat ini banyak diminati oleh masyarakat khususnya remaja karena jenis kopi yang banyak dan penyajian yang menarik. Karena banyaknya penjualan kopi semakin banyak juga data yang menumpuk. Untuk meminimalisir data yang tidak terpakai maka data tersebut diolah menggunakan data mining dengan pendekatan algoritma apriori. Algoritma apriori ini bertujuan untuk membuat rekomendasi kepada pihak coffe shop untuk membuat diskon dan rekomendasi kepada calon pembeli untuk membeli produk yang sering di beli oleh masyarakat. Dataset yang digunakan yaitu data penjualan bulan november tahun 2022. Penerapan data mining terhadap penjualan kopi rule tertinggi muncul pada barang Kopsu Friends dan V60 dengan nilai support 25% dan confidence 83%.

Kata Kunci

Apriori Algorithm Association Rules Coffee Shop Data Mining Algoritma Apriori Aturan Asosiasi Coffe Shop Data Mining

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
I. Rosmayati, W. Wahyuningsih, E. F. Harahap, dan H. S. Hanifah, “Implementasi Data Mining pada Penjualan Kopi Menggunakan Algoritma Apriori”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 1, hlm. 99–107, Mei 2023.

References

  1. D. Sugiri, “Menyelamatkan usaha mikro, kecil dan menengah dari dampak pandemi Covid-19,” Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, vol. 19, no. 1, pp. 76”“86, 2020.
  2. A. C. Tridakusumah, D. Supyandi, M. A. Heryanto, A. Nugraha, and D. A. H. Hasyir, “Optimalisasi Sistem Agribisnis Kopi Garut,” COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 68”“74, 2022.
  3. M. P. Tana, F. Marisa, and I. D. Wijaya, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori,” JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), vol. 3, no. 2, 2018.
  4. T. Nasrah, K. Nasution, and O. K. Sulaiman, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN KOPI ARABICA,” Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, vol. 4, no. 1, pp. 118”“124, Aug. 2021, Accessed: Jan. 13, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4153
  5. D. M. Sinaga, W. H. Sirait, and A. P. Windarto, “Analisis Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pemesanan Konsumen Pada Ucokopi,” Journal of Informatics Management and Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 68”“73, 2021.
  6. A. Juliano and others, “Algoritma Apriori Untuk Pola Penjualan Pada Kedai Kopi Studi Kasus: Kedai Kopioko,” Journal of Students ”˜Research in Computer Science, vol. 3, no. 1, pp. 29”“38, 2022.
  7. H. Rhomadhona et al., “Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Prioduk Kopi Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan, vol. 10, no. 2, pp. 65”“73, Dec. 2021, doi: 10.31629/SUSTAINABLE.V10I2.3792.
  8. C. C. Aggarwal, “Data Mining,” 2015, doi: 10.1007/978-3-319-14142-8.
  9. I. Qoniah and A. T. Priandika, “Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Tb. Menara),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 26”“33, 2020.
  10. M. A. M. Afdal and M. Rosadi, “Penerapan association rule mining untuk analisis penempatan tata letak buku di perpustakaan menggunakan algoritma apriori,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 99”“108, 2019.
  11. A. A. C. Putra, H. Haryanto, and E. Dolphina, “Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang,” CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), vol. 10, no. 2, pp. 93”“103, 2021.
  12. A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 103”“108, 2019.
  13. “UU No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi [JDIH BPK RI].” https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/229798/uu-no-27-tahun-2022 (accessed Nov. 25, 2022).