Isi Artikel Utama

Abstrak

Di era teknologi saat ini, teknologi komputer semakin mendominasi, peran komputer pun sekarang sudah bergeser yang awalnya digunakan sebagai mesin penghitung, sekarang sudah merambah di dunia bisnis. Banyak proses bisnis pemilik usaha memanfaatkan teknologi informasi sebagai media promosi yang efektif dan menarik. Salah satunya pada CV. PAS TIM masih melakukan promosi dengan cara pada umunya yaitu memajang gambar 2 dimensi menggunakan majalah. Maka dari itu penelitian membuat sebuah program aplikasi media promosi berlandaskan augmented reality, dimana aplikasi tersebut berfungsi sebagai media promosi penjualan model kontainer dengan menampilkan objek 3D pada sampel yang telah dipasang marker, sehingga dengan penerapan teknologi augmented reality ini menjadikan media promosi yang menarik. Metodologi yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memilki beberapa tahapan diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Kemudian pengujian alpha dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dari hasil perancangan tersebut menghasilkan aplikasi media promosi penjualan model kontainer berbasis augmented reality yang interaktif, efektif dan dapat menarik minat calon konsumen.

Kata Kunci

Augmented Reality Kontainer MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Augmented Reality Kontainer MDLC (Multimedia Development Life Cycle)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. Ayustina, S. Suprianto, dan H. Hindarto, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Penjualan Model Kontainer ”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 1, hlm. 108–119, Mei 2023.

References

  1. P. Bagus and A. Anugrah, “Implementasi Augmented Reality Pada Media,” vol. 14, no. 2, pp. 142”“149, 2020.
  2. M. Santoso, C. R. Sari, and S. Jalal, “Promosi Kampus Berbasis Augmented Reality,” J. Edukasi Elektro, vol. 5, no. 2, pp. 105”“110, 2021, doi: 10.21831/jee.v5i2.43496.
  3. L. U. Marzaman and A. A. Fisu, “Hunian Vertikal Kontainer Buruh Pt Kima Dengan Konsep Arsitektur Humanis,” PENA Tek. J. Ilm. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 5, no. 2, p. 91, 2020, doi: 10.51557/pt_jiit.v5i2.607.
  4. Lie, Devi Sugiarto, Yusita Kusumarini, and Meirina Kuncahyowati, “Perancangan Alih Fungsi Kontainer Menjadi Modul Ruang Komersial ”˜Fasilitas Makan dan Minum,”™” J. Intra , vol. 7, no. 2, pp. 328”“334, 2019.
  5. A. Armia and Z. Ardian, “Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Gedung Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 7, no. 1, pp. 10”“16, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics/article/view/1331
  6. M. H. Al-Ghifari and M. Rizqi, “Game Portal Virtual Tugu Pahlawan Dengan Mobile Device Menggunakan Augmented Reality,” J. Animat. Games Stud., vol. 6, no. 2, pp. 113”“128, 2020, doi: 10.24821/jags.v6i2.4212.
  7. N. Rianto, A. Sucipto, and R. Dedi Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 64”“72, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
  8. A. Y. Utama, “Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Kabupaten Karanganyar,” Progr. Stud. Inform. Fak. Komun. Dan Inform. Univ. Muhammadiyah Surakarta, pp. 1”“17, 2017.
  9. P. B. A. A. Putra, “Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah,” J. Teknol. Inf. J. Keilmuan dan Apl. Bid. Tek. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 142”“149, 2020, doi: 10.47111/jti.v14i2.1163.
  10. A. L. Saputra and B. S. Nugraha, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pada Katalog Menu Produk Ice Cream Arlecchino Gelato Berbasis Android,” Inf. Technol. J., vol. 1, no. 2, pp. 15”“20, 2019.
  11. Suhardi, “Perancangan Video Pembelajaran Untuk Menerjemahkan Kata Dalam Bahasa Korea Ke Bahasa Indonesia Serta Pengucapannya Dalam Bahasa Korea,” pp. 6”“18, 2018.
  12. S. Masripah and L. Ramayanti, “Penerapan Pengujian Alpha Dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru,” Swabumi, vol. 8, no. 1, pp. 100”“105, 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i1.7448.