Isi Artikel Utama

Abstrak

Pembuatan game yang menggunakan artificial intelligence bisa menjadikan salah satu daya tarik tersendiri bagi pemainnya. Game dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Game edukasi cocok untuk dimainkan oleh anak-anak dengan menggunakan style/gameplay dua dimensi dengan banyaknya text atau drag & drop. Penelitian ini bertujuan membuat game untuk memperkenalkan salah satu khas budaya Indonesia dengan menerapkan finite state machine, sebuah mesin abstrak yang pada suatu waktu tertentu dapat berada tepat di salah satu dari sejumlah finite-states.  Sebuah game dibuat dan diberi nama Alpha Utopia. Metode game development life cycle digunakan terdiri dari tahapan initiation, pre-production, production, testing, beta, release. Hasil penelitian diperoleh sebuah game yang dengan tema menembak objek. Perancangan menggunakan Unreal Engine 4 dengan gaya tiga dimensi, menggunakan Artificial Intelligence atau sering disebut Non-Player Character. Finite State Machine diterapkan untuk pembuatan aplikasinya. Unsur budaya Indonesia berupa senjata keris ditampilkan pada objek permainan sebagai senjata utama yang digunakan untuk melawan musuh berupa karakter virus. Pembuatan game ini diharapkan mengenalkan budaya khas Indonesia dan sebagai media pembelajaran bagi penggunanya.

Kata Kunci

Artificial Intelligence Game Unreal Engine Finite State Machine Game Development Life Cycle Artificial Intelligence Game Unreal Engine Finite State Machine Game Development Life Cycle

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Eri Satria, Institut Teknologi Garut

Teknik Informatika STTG

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, E. Satria, dan F. Hermawan, “Penerapan Finite State Machine pada Alpha Utopia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 1, hlm. 120–128, Mei 2023.

References

  1. E. Satria, L. Fitriani, Y. S. Muhsin, and D. Tresnawati, “Development of educational games for learning waste management,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, no. 3, p. 032064, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/3/032064.
  2. D. Tresnawati, A. Latifah, E. Satria, and S. Rayahu, “Edugame development for introduction chord basic guitar,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, no. 3, p. 032061, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/3/032061.
  3. B. Pane, X. Najoan, and S. Paturusi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17793.
  4. I. Sohibbulbet and D. D. S. Fatimah, “Perancangan Sistem Pakar Masalah Kesehatan Remaja Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 323”“332, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.323.
  5. D. S. Hormansyah, A. R. T. H. Ririd, and D. T. Pribadi, “Implementasi Fsm (Finite State Machine) Pada Game Perjuangan Pangeran Diponegoro,” J. Inform. Polinema, vol. 4, no. 4, p. 290, 2018, doi: 10.33795/jip.v4i4.222.
  6. M. D. Ramdani, D. Kurniadi, and Y. Septiana, “Rancang Bangun Game Edukasi Penelusuran Goa Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 151”“157, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.151.
  7. D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and C. S. Ma”™rup, “Perancangan Game Puzzle Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 281”“287, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.281.
  8. D. Tresnawati and A. P. Nugraha, “Rancang Bangun Game Edukasi Sistem Tata Surya,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 478”“488, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.478.
  9. R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” 2013 Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst. ICACSIS 2013, no. June, pp. 95”“100, 2013, doi: 10.1109/ICACSIS.2013.6761558.
  10. D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android vol. 6, no. 1, pp. 661”“671, 2014.
  11. R. A. Abdurrahman. “Rancang Bangun Game Gatotkaca Dengan Metode Finite State Machine Berbasis Android”. J. Ilmu Data, vol. 1, no. 1, 2021.
  12. H. Sifaulloh, J. N. Fadila and F. Nugroho. “Penerapan Metode Finite State Machine pada Game Santri on the Road”. J. Walisongo Jurnal of Information Technology., vol. 3, no. 1, pp. 11-18, 2021. doi: https://doi.org/10.21580/wjit.2021.3.1.7135.
  13. M. Khaerudin, D. Setiadi and T. Sumitra. “Rancang Bangun Game Edukasi Dengan Menggunakan Finite State Machine”. J. Sistem, JSI, vol 9, no 1, pp. 107-118, 2022. doi: https://doi.org/10.35968/jsi.v9i1.847.
  14. D. S. Utomo and D. A. Dermawan. “Implementasi Finite State Machine (FSM) dalam Game Monopoli 3D Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Algoritma Fisher-Yates Shuffle Berbasis Android”. J. Informatics and Computer Science, vol.3, no. 03, pp. 240-249, 2022, doi: https://doi.org/10.26740/jinacs.v3n03.p240-249.
  15. M. Ernawati, W. Gata, E. H. Hermaliani, L. Kurniawati and S. Rahayu. “Implementasi Konsep Finite State Automata Pada Desain Game Edukasi Jenis Hewan”. J. Technologia, vol. 13, no. 1, pp. 65-71, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v13i1.6268.