Isi Artikel Utama

Abstrak

Penanganan gangguan jaringan internet yang cepat dan efektif sangat penting dalam menjaga kualitas layanan internet. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penanganan gangguan jaringan internet menggunakan Bot Telegram sebagai alat pendukung dalam memperbaiki gangguan jaringan internet. Penelitian ini melibatkan pelanggan internet yang telah mengalami gangguan dan teknisi jaringan internet yang bertanggung jawab dalam penanganan gangguan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan Bot Telegram sebagai alat pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bot Telegram dapat meningkatkan efektivitas penanganan gangguan jaringan internet dengan cara memberikan pesan gangguan secara real-time kepada teknisi yang bertanggung jawab dalam menangani gangguan untuk di tindaklanjuti. Oleh karena itu, penggunaan Bot Telegram dapat meningkatkan reliabilitas komunikasi data dalam penanganan gangguan jaringan internet dan mempercepat waktu pemulihan jaringan internet yang mengalami gangguan.

Kata Kunci

Efektivitas Bot Telegram Penanganan Gangguan Jaringan Internet Teknisi Jaringan Pesan Real-Time Pemulihan Jaringan Internet Efektivitas Bot Telegram Penanganan gangguan jaringan internet Teknisi jaringan Pesan Real-time Pemulihan jaringan internet

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Z. Arifin, “Meningkatkan Efektivitas Penanganan Gangguan Jaringan Internet Menggunakan Bot Telegram Dalam Mendukung Reliabilitas Komunikasi Data ”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 1, hlm. 148–155, Mei 2023.

References

  1. Wibowo, B. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Jaringan Internet di Perusahaan XYZ. Jurnal Teknik Informatika, 6(2), 57-64.
  2. Kurniawan, A. (2019). Identifikasi dan Penanganan Gangguan Jaringan pada PT. XYZ. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 7(2), 57-63.
  3. Anggono, A. (2020). Implementasi Alat Pemantau Jaringan Pada Layanan Internet Service Provider di Jakarta. Jurnal Informatika, 6(2), 41-49.
  4. Setiawan, A. (2017). Analisis Pemilihan Vendor dalam Mengatasi Gangguan Jaringan Internet pada PT. ABC. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 4(2), 49-56.
  5. Supriyanto, E. (2018). Tantangan dalam Penanganan Gangguan Jaringan Internet di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi, 4(1), 1-8.
  6. Sari, D. P. (2021). Peningkatan Kualitas Jaringan Internet di Indonesia Melalui Kerja Sama Antar Stakeholder. Jurnal Manajemen, 6(1), 1-10.
  7. Telegram Bot API. Diakses tanggal 10 Maret 2023, dari https://core.telegram.org/bots/api.
  8. Fauzan, M., & Fatmawati, E. (2019). "Penerapan Bot Telegram Sebagai Media Pengingat Jadwal Sholat dan Pengumuman kegiatan pada Masjid Al-Barokah." Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(3), 335-
  9. Subekti, N. A., & Gunawan, D. (2019). "Pengembangan Bot Telegram Sebagai Sarana Pengingat Jadwal Kegiatan Mahasiswa." Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 8(2), 186-191.
  10. Andrian, S. A., & Suryadi, D. (2021). "Pemanfaatan Telegram Bot dalam Pengelolaan Perizinan dan Izin Operasional pada PT PLN (Persero) Area Sidoarjo." Jurnal Informatika dan Bisnis, 2(2), 143-148.
  11. Sumarsono, D., & Nofrianto, R. (2019). Pemanfaatan Bot Telegram Sebagai Media Pengaduan Gangguan Internet. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika, 9(2), 62-70.
  12. Suyanto, T., Purwanto, E., & Fauzi, R. (2020). Pemanfaatan Bot Telegram dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pengaduan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(1), 1-9.
  13. Sokibi, P. (2017). Perancangan Sistem Monitoring Perangkat Jaringan Berbasis ICMP dengan Notifikasi Telegram. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 2(2), 1”“11. https://doi.org/10.24235/itej.v2i2.16
  14. A. Alijoyo, “Enterprise Risk Management, Value Chain, And Life Cycle Cost: How The Three Concepts Are Adopted To Increase Competitiveness.,” Int. J. Environ. Sustain. Soc. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 388”“396, 2022.
  15. Ramdhani, A. (2021). Pengujian Kinerja Sistem Chatbot pada Platform Telegram. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 7(1), 27-32.