Isi Artikel Utama

Abstrak

Kunjungan tamu di berbagai instansi pemerintah adalah sebuah aktivitas yang umum terjadi. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan juga mengalami hal serupa, dimana kunjungan ini melibatkan berbagai kegiatan seperti pertemuan, audiensi, konsultasi, pelaporan, dan sebagainya. Namun, dengan tingginya frekuensi kunjungan tamu, muncul berbagai tantangan, seperti pegawai tidak bisa menentukan jadwal kunjungan dan tamu yang tidak dapat memprediksi tingkat keramaian sehingga sulit mendapatkan tempat parkir. Beberapa rumah sakit, seperti RSIA Hermina Palembang dan Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang, telah menerapkan sistem pengelolaan kunjungan tamu. Sistem-sistem ini fokus pada kemudahan pendaftaran pasien dan administrasi rawat jalan agar tidak mengantri lagi. Namun, perbedaan permasalahan antara Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan dengan RSIA Hermina dan RS Muhammadiyah Palembang adalah fokus pada penjadwalan yang tepat dari pegawai dan menghindari penumpukan lahan parkir bagi para tamu. Metode yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metodologi Rapid Application Development (RAD), yang terdiri dari tiga tahap, yaitu Requirment Planning, Design, dan Implementation. Metode ini melibatkan pengambilan data dan analisis yang meliputi studi literatur, observasi, wawancara, dan pengisian kuisioner sebelum merancang sistem. Dengan menggunakan metodologi ini, akan menghasilkan sebuah sistem yang dapat memberikan informasi tentang jadwal janji temu tamu yang tepat serta menghindari penumpukan lahan parkir dengan membatasi jumlah tamu yang datang pada jam yang sama.

Kata Kunci

Sistem Antrian Tamu Online Dinas Kesehatan Rapid Application Development Unified Modeling Language

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
I. M. Hanifah dan E. L. Ruskan, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Antrian Tamu untuk Mendukung Efektifitas Lahan Parkir Berbasis Online”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 2, hlm. 352-363, Okt 2023.

Referensi

[1] M. H. A. Saputra and A. H. Mirza, “Electronic Nutrition (e-Gizi) Application Development on RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang Using the Rapid Application Development Method,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 4, no. 3, pp. 589–606, 2022, doi: 10.51519/journalisi.v4i3.291.
[2] Ismail Arifin and N. H. Niska Ramadani, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Lagita Analysis and Design of an Outpatient Registration Information System at the Lagita Regional General Hospital Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehat,” J. Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 5, no. 2, pp. 118–121, 2022.
[3] Q. Widayati and V. Sahfitri, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter dan Pendaftaran Pasien Menggunakan Metode Round Robin,” Semin. Nas. Din. Inform., pp. 104–111, 2020, [Online]. Available: http://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/136.
[4] M. Ihsan and Z. Reno Saputra, “Perancangan sistem informasi berbasis web Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang,” J. JUPITER, vol. 14, no. 2, pp. 560–568, 2022.
[5] A. Fariza and H. Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Penerimaan Tamu Pada Sekretariat Daerah Kantor Gubernur Provinsi Jambi,” Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 4, pp. 489–499, 2020.
[6] A. Rahman, “Rapid Application Development Sistem Pembelajaran Daring Berbasis Android,” Intech, vol. 1, no. 2, pp. 20–25, 2020, doi: 10.54895/intech.v1i2.639.
[7] E. Hutabri, “Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia,” Innov. Res. Informatics, vol. 1, no. 2, pp. 57–62, 2019, doi: 10.37058/innovatics.v1i2.932.
[8] M. Ardhiansyah, “Penerapan Model Rapid Application Development pada Aplikasi Helpdesk Trouble Ticket PT. Satkomindo Mediyasa,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 2, p. 43, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i2.2759.
[9] A. B. Pohan and H. W. Setianingrum, “Metode Rapid Application Development dalam Sistem Informasi Geografis Rute Angkutan Umum Kota Depok (SIGEPOK) Berbasis Web,” PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 7, no. 2, pp. 187–198, 2019, doi: 10.33558/piksel.v7i2.1826.
[10] E. Sutinah, I. Alfarobi, and A. Setiawan, “Metode Rapid Application Development Dalam Pembuatan Sistem Informasi Pemenuhan SDM pada Perusahaan Outsourcing,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 2, pp. 246–253, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/3528/pdf.
[11] A. Mulyani, R. Setiawan, and R. A. Rusmana, “Rancang Bangun Aplikasi Kasir Penjualan pada Usaha Mikro Kecil Mengengah 3Manstore Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 19, no. 2, pp. 481–492, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-2.1117.
[12] A. Putra, “Implementasi Metode Rapid Application Development (Rad) Dan Metode Alphabetical Filing Pada E-Arsip Di Fakultas Matematika Dan Ipa Berbasis Web,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 1665–1679, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i4.1105.
[13] M. S. P, Muhammad Dedi Irawan, and Ahyat Perdana Utama, “Implementasi RAD (Rapid Aplication Development) dan Uji Black Box pada Administrasi E-Arsip,” sudo J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 60–71, 2022, doi: 10.56211/sudo.v1i2.19.
[14] N. M. D. Febriyanti, A. A. K. O. Sudana, and I. N. Piarsa, “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 3, pp. 1–10, 2021.
[15] J. Friadi, D. P. Yani, M. Zaid, A. Sikumbang, S. Informasi, and U. Batam, “Perancangan Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan pada Puskesmas ( Designing the Unified Modeling Language Modeling System for Online Queuing Outpatient Visits at the Health Center ),” vol. 1, no. 2, pp. 125–133, 2023.