Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam konteks perkembangan bisnis saat ini, teknologi memainkan peran krusial dalam mendukung operasional Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Namun, masih banyak UMKM, termasuk di Desa Sukasenang Kabupaten Garut, yang mengandalkan sistem manual dalam mengelola data keuangan, terutama terkait pencatatan hutang yang masih menggunakan metode tulisan tangan beresiko. Kendala dalam manajemen hutang piutang juga tampak, dimana kesalahan pencatatan serta perbedaan perhitungan antara pelanggan, pemasok, dan karyawan seringkali terjadi. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi manajemen hutang berbasis web untuk memberikan solusi efisien dalam mengelola transaksi utang dengan akurat, mengurangi kesalahan pencatatan, serta memastikan penyimpanan data yang teratur. Metodologi Rational Unified Process digunakan dalam pengembangan aplikasi ini, melibatkan tahapan Inception, Elaboration, Construction, dan Transition, dengan pengujian alpha menggunakan metode Black Box Testing. Hasilnya adalah aplikasi yang efektif dalam mengelola hutang piutang UMKM, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi berharga dalam pengelolaan keuangan UMKM terutama terkait pengaturan hutang usaha.

Kata Kunci

Aplikasi Manajemen Hutang Pencatatan Pengembangan Teknologi UMKM

Rincian Artikel

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Ilmu Komputer

##submission.authorWithAffiliation##

Jurusan Ilmu Komputer

Cara Mengutip
[1]
A. Latifah, A. Mulyani, dan A. M. Burdani, “Perancangan Aplikasi Manajemen Hutang Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Website”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 80-86, Mei 2024.

Referensi

H. Aulawi, D. Rahmawati, and R. A. I. Putri, “Strategi Pencapaian Keunggulan Bersaing Minuman Kemasan Lemon Menggunakan Metode Business Model Canvas & SWOT,” J. Kalibr., vol. 19, no. 2, pp. 146–151, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.19-2.1095.

M. L. N. Rosmadi, “Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021,” J. IKRA-ITH Ekon., vol. 4, no. 1, pp. 122–127, 2021.

E. Satria, A. Latifah, and R. Prasusetyo, “Perancangan Pengenalan Hewan Laut Berdasarkan Zona Kedalaman Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Algoritm., 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1073.

R. S. H. Jery Jordan, “Aplikasi Manajemen Hutang Piutang Untuk Usaha Kecil Menengah Berbasis Android,” J. Mhs. Fak. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, 2020.

D. Firmansyah and R. Cahyana, “Pengembangan Fitur Pengolaan Data Piutang dan Pemesanan Barang Untuk Aplikasi Penjualan Barang Berbahan Kulit,” J. Algoritm., 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.483.

W. Baswardono, “Analisa dan Perancangan Warehouse Inventory System Untuk UMKM Berbasis Multi Tenant,” J. Algoritm., vol. 15, no. 2, pp. 67–78, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.15-2.67.

A. Anisah and K. Kuswaya, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pengeluaran, Penggunaan Bahan Dan Hutang Dalam Pelaksanaan Proyek Pada Pt Banamba Putratama,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1352.

A. Budiman and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persedian Barang di TB. Indah Jaya Berbasis Desktop,” J. Algoritm., vol. 13, no. 2, pp. 374–378, 2017, doi: 10.33364/algoritma/v.13-2.374.

P. Kruchten, The Rational Unified Process An Introduction, Second Edition. 2000.

I. Dewi Sintawati, “Komparasi Metode Rad Dengan RUP Pada Pengembangan Sistem Informasi,” Akrab Juara J. Ilmu-ilmu Sos., 2022, doi: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1796.

A. Latifah, E. G. Rahayu, and A. Faroqi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk TK/Paud Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 378–385, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.378.

R. Setiawan, A. D. Supriatna, and A. H. Kusuma, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Rumah Kos Deo Garut Berbasis Web,” J. Algoritm., 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.368.

A. Andipradana and K. Dwi Hartomo, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 161–172, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.869.

A. W. Saputra, A. Susano, and P. Astuti, “Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Hardware Komputer Berbasis Teknologi Augmented Reality dengan Menggunakan Android,” Fakt. Exacta, 2018, doi: 10.30998/faktorexacta.v11i4.3100.

B. Beizer and J. Wiley, “Black Box Testing: Techniques for Functional Testing of Software and Systems,” IEEE Softw., vol. 13, no. 5, 2005, doi: 10.1109/ms.1996.536464.