Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan teknologi menjadi sarana yang banyak dibutuhkan oleh pariwisata agar lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan juga dapat membantu, mempermudah dan mempercepat pengelola objek wisata dalam mengelola data kunjungan wisatawan. Informasi ini bertujuan untuk meningkatkan keuntungan wisata yang dimiliki. Situ Bagendit merupakan tempat wisata di Desa Bagendit, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut. Situ Bagendit ini merupakan tempat wisata yang diminati banyak pengunjung. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengelola Situ Bagendit dan melihat adanya masalah pada layanan informasi dimana dalam penyajian informasi mengenai wisata tersebut masih minim sedangkan setelah melakukan revitalisasi wisata tersebut akan menjadi objek wisata berskala internasional dan juga untuk pemesanan tiket direkam secara manual yaitu penjaga pintu atau orang yang menjaga dalam hal melayani pengunjung untuk beli dan lakukan pembayaran masih menggunakan kertas. Tujuan dari penelitian ini membuat sebuah aplikasi mengenai layanan informasi dan pemesanan tiket pada objek wisata tersebut sebagai upaya untuk memudahkan wisatawan yang akan berkunjung agar dapat mencari info terlebih dahulu dan dapat memesan tiket secara online, wisatawan tidak perlu lagi untuk mengantri untuk melakukan pemesanan tiket. Studi literatur sejenis, studi lapangan dengan observasi dan wawancara, dan studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan data. Metodologi yang digunakan adalah Unified Software Development Process, kemudian menggunakan framework Flutter dan pemodelan Unified Modelling Language serta menerapkap konsep Mobile. Dari hasil penelitian yang dilakukan ini berupa sebuah Aplikasi Layanan Informasi dan Pemesanan Tiket pada Objek Wisata Situ Bagendit Berbasis Mobile agar mampu menyampaikan informasi mengenai objek wisata tersebut dan membantu mempermudah wisatawan untuk melakukan pemesanan tiket secara online sehingga yang akan berkunjung dapat melakukan reservasi terlebih dahulu dan tanpa harus mengantri terlebih dahulu.

Kata Kunci

Layanan Informasi Mobile Situ Bagendit Pemesanan Tiket

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. Septiana, D. Tresnawati, N. F. Nurohmah, dan A. Ikhwana, “Rancang Bangun Aplikasi Layanan Informasi dan Pemesanan Tiket pada Objek Wisata Situ Bagendit Berbasis Mobile”, Jurnal Algoritma, vol. 20, no. 2, hlm. 376-385, Okt 2023.

Referensi

[1] Kominfo, “Pentingnya Teknologi dalam Sektor Pariwisata,” 2019. https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/pentingnya-teknologi-dalam-sektor-pariwisata/ (accessed Mar. 14, 2023).
[2] D. Yanti, “Analisis Starategi Pengembangan Digital Tourism Sebagai Promosi Pariwisata di Toba Samosir,” 2019.
[3] Guntoro, “Apa itu Aplikasi Mobile,” https://badoystudio.com/aplikasi-mobile/, Mar. 23, 2023.
[4] A. Octaviani and P. Dewi, “Penggunaan Mobile Library untuk Perpustakaan Digital,” ANUVA, vol. 3, no. 2, pp. 151–155, 2019.
[5] T. Wahyuni and A. E. Aditina, “Rancang Bangun Sistem Iinformasi Pelayanan DanPengelolaanTiket Masuk Wisata,” 2020.
[6] Y. Septiana, R. Erwin, G. Rahayu, and M. S. Aghna, “Rancang Bangun Aplikasi Web Katalog Produk Wisata Kuliner Berbasis Geographic Information System,” 2020. [Online]. Available: http://jurnal.sttgarut.ac.id/
[7] S. Saepudin, E. Pudarwati, C. Warman, S. Sihabudin, and G. Giri, “Perancangan Arsitektur Sistem Pemesanan Tiket Wisata Online Menggunakan Framework Zachman,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 11, no. 2, pp. 162–171, Aug. 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i2.1415.
[8] D. Susianto, “Perancangan Sistem Pemesanan E-tiket Pada Wisata di Lampung Berbasis Web Mobile,” vol. 2, 2019.
[9] S. A. Prasetyo, J. Maulindar, and M. Muhtarom, “Rancang Bangun Aplikasi Informasi Tempat Wisata Berbasis Mobile di Sragen,” 2022.
[10] A. D. Supriatna, D. Tresnawati, D. Kurniadi, and R. Cahyana, “Web-based geographic information system for mapping religious tourism object,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 1098, no. 3, p. 032071, Mar. 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/3/032071.
[11] S. Bennett, Steve. McRobb, and R. (Ray) Farmer, Object-oriented systems analysis and design : Using UML, Fourth Edition. McGraw-Hill Higher Education, 2010.
[12] Ivar Jacobson, Grady Booch, and James Rumbaugh, The Unified Software Development Process (Paperback) Addison-Wesley Object Technology Series, Berilustrasi. Addison Wesley Professional, 1999.
[13] C. Mashuri, R. A. Yudistira, P. Unzilla, and S. Putri, Monograf Aplikasi Pembelajaran Daring Dengan Learning Management Systen (Studi Kasus: Evaluasi Usability Testing Dan Webqual 4.0). 2022.
[14] A. Zaini, M. Dianto, and R. R. Mulyani, “Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi,” Sumatera Barat, 2020.
[15] D. A. Mulyati, “Pentingnya Teknologi Sebagai Media Informasi dan Layanan Pada Website Digital Traveloka,” 2022.