Isi Artikel Utama

Abstrak

Penyakit-penyakit yang sering menyerang tanaman kubis seperti busuk lunak, busuk hitam, rebah batang, ulat krop, ulat tanah, bercak daun, ulat daun dan akar gada yang sering terjadi, sehingga para petani kesulitan dalam mengindentifikasi penyakitnya. Penyakit-penyakit pada tanaman kubis sering menjadi faktor yang sering di keluhkan oleh petani kubis dan juga masih banyak yang kesulitan dalam mendiagnosis penyakit yang menyerang tanaman kubis. Selain itu, petani kubis seringkali tidak memiliki pengetahuan yang memadai mengenai berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang tanaman kubis, sehingga sering kali kesulitan dalam memilih strategi pengobatan yang tepat. Tujuan dari penelitia ini untuk mengembangkan sebuah sistem pakar dalam mendiagnosa penyakit kubis menggunakan metode forward chainng. Untuk memberikan mamfaat bagi para petani atau para ahli untuk mengidentifikasi penyakit yang menyerang kubis dari gejala yang di alami oleh tanaman. Sistem ini di bangun menggunakan metode inferensi forward chaining serta metode perancanganya menggunakan metode rational unified process tahapanya di mulai dari inception, elaboration, construction, dan trasition. Sehubung dengan masalah tersebut untuk mempermudah atau memperoleh informasi dari gejala-gejala yang terjadi pada kubis. Penelitian kali ini mencangkup pengembangan sistem pakar dan mendiagnosa penyakit kubis dari gejala yang di kumpulkan denga menggunakan metode forward chaining, diharapkan dengan adanya sistem ini dapat membantu para petani atau ahli pertanian dalam mencegah terjadinya penyakit yang dapat merusak tanaman kubis serta dapat meningkatkan kualitas dan produksi yang baik. Dalam hasil penelitian, dibuatnya sistem pakar diagnosa penyakit kubis, aplikasi ini dibangun untuk para petani dalam mendiagnosa penyakit pada kubis dari gejala yang dialami. Dengan adanya sistem ini bisa memberika maafaat dan pengetahuan bagi petani.

Kata Kunci

Forward Chaining Penyakit RUP Sistem Pakar UML

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. Septiana, W. Barwardono, dan A. Nurhalim, “Pengembangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kubis Berbasis Forward Chaining”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 87-97, Mei 2024.

Referensi

A. Simanjuntak and G. Syahputra, “Diagnosis System Penyakit Clubroot Pada Tanaman Kubis Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,” Jurnal SI (SISTEM INFORMASI, 2020.

H. Alrozy Irachman, “Sistem Pakar Untuk Identifikasi Penyakit Sayuran Kubis Menggunakan Forward Chaining Berbasis GUI,” Ubiquitous: Computers and its Applications Journal, vol. 3, no. 2, pp. 71–76, 2020.

M. Farkhan Abidin, H. Sibyan, and N. Hasanah, “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Sayuran Kubis Menggunakan Metode Foreward Chaining,” vol. 1, no. 1, pp. 14–21, 2022, doi: 10.56854/jei.v1i1.14.

N. Sulanti, “Sistem Informasi Mendeteksi Hama Dan Penyakit Tanaman Kol Melalui Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Studi Kasus : Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Jangkat.”

A. Yudistira Al Hakami, N. Mega Saraswati, J. K. Raya Pagojengan, and P. Brebes, “74 Akbar Yudistira Al Hakami Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Kubis Menggunakan Metode Backward Chaining.”

Y. Reformasi Perangin-angin and H. Jaya, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kubis Merah (Brassica Oleracea Var. Capitata F. Rubra) Menggunakan Metode Certainty Factor,” Jurnal CyberTech, vol. 3, no. 6, pp. 970–978, 2020, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/

M. Farkhan Abidin, H. Sibyan, and N. Hasanah, “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Sayuran Kubis Menggunakan Metode Foreward Chaining,” vol. 1, no. 1, pp. 14–21, 2022, doi: 10.56854/jei.v1i1.14.

I. Adi Pribadi, S. Ratih Dirmawati, F. Eka Febriansyah, and J. Ilmu Komputer, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Tanaman Kubis Dengan Metode Forward Chaining,” 2020.

A. Yudistira Al Hakami, N. Mega Saraswati, J. K. Raya Pagojengan, and P. Brebes, “74 Akbar Yudistira Al Hakami Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Kubis Menggunakan Metode Backward Chaining.”

F. Kesumaningtyas and R. Handayani, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rheumatic (REMATIK) Dengan Metode Forward Chaining,” Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, vol. 8, no. 2, pp. 59–63, 2020, doi: 10.21063/jtif.2020.V8.2.59-63.

P. Studi Manajemen Informatika, A. BSI Jakarta Jl Fatmawati Raya No, and P. Labu Jakarta Selatan, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Dengan Metode Forward Chaining.”

F. Panca Juniawan, “Penggunaan Metode Forward Chaining Dalam Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kejiwaan,” JURNAL ILMIAH INFORMATIKA GLOBAL VOLUME, vol. 8, no. 1, 2017.

A. Maulida, A. Rahmatulloh, I. Ahussalim, R. Alvian Jaya Mulia, and P. Rosyani, “Analisis Metode Forward Chaining pada Sistem Pakar: Systematic Literature Review,” 2023. [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin

O. Fitria, N. Hasanah, M. Pd, and R. S. Untari, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2020.

P. Kruchten, The Rational Unified Process: An Introduction. in Addison-Wesley object technology series. Addison-Wesley, 2004. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=RYCMx6o47pMC