Isi Artikel Utama

Abstrak

Augmented Reality (AR) merupakan media promosi online yang interaktif dan inovatif yang memberikan pengalaman baru yang menarik bagi konsumen. Dalam industri furniture, teknologi AR dapat digunakan untuk mempermudah konsumen dalam memilih produk dan mengurangi resiko kesalahan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi Augmented Reality dalam media promosi produk furniture berbasis web dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Metode ini digunakan untuk membantu pengembangan aplikasi web AR yang efektif dan efisien. Penelitian ini penting karena media promosi yang efektif dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil akhir yang di harapkan adalah sebuah media promosi produk Furniture yang menerapkan fitur Augmented Reality (AR) dalam media promosinya.

Kata Kunci

Augmented Reality Furniture Multimedia Development Life Cycle Promosi Augmented Reality Furniture Multimedia Development Life Cycle Promotion

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, A. D. Supriatna, dan I. Gotawa, “Pengembangan Media Promosi Furniture Berbasis Augmented Reality Menggunakan Multimedia Development Life Cycle”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 98–106, Mei 2024.

References

  1. Y. Irawan, U. Rahmalisa, R. Wahyuni, and Y. Devis, “Sistem Informasi Penjualan Furniture pada CV. Satria Hendra Jaya Pekanbaru Berbasis Web (Sales Information Systems Furniture in CV. Satria Hendra Jaya Pekanbaru Based on Web),” Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, vol. 1, no. 2, pp. 150–159, 2019.
  2. ega, “78 persen pembeli online kecewa pada produk belanjaannya,” Merdeka.com.
  3. J. Asmara, “Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala),” 2019. [Online]. Available: http://ttskab.go.id/
  4. M. Hamdan Romadhon and Y. Yudhistira, “Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus : CV Kopja Mandiri,” 2021. [Online]. Available: www.journal.peradaban.ac.id
  5. A. M. Rosad, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah,” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 5, no. 02, p. 173, Dec. 2019, doi: 10.32678/tarbawi.v5i02.2074.
  6. L. Ma’rifataini, “Website: http://jurnaledukasikemenag.org EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 11 BANDUNG Implementation Of Islamic Religious Education (Pai) Learning Methods At Public Senior High School (SMAN) 11 OF BANDUNG Lisa’diyah Ma’rifataini,” vol. 16, no. 1, pp. 110–123, 2018, [Online]. Available: http://jurnaledukasikemenag.org
  7. P. Wirayudi Aditama, I. Nyoman Widhi Adnyana, and K. Ayu Ariningsih, “Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran,” 2019.
  8. A. Novrianto, “Javascript,” 2022.
  9. M. G. Halawa and S. Sitohang, “01 (2022) Water Depot;. Prototyping Method,” JURNAL COMASIE, vol. 06, 2022.
  10. M. Saed Novendri et al., “Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan PHP Dan MySql,” 2019.
  11. D. D. S. Fatimah, A. Latifah, and H. Haniyah, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Kata Benda Bahasa Arab pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu,” Garut, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  12. P. Bagus and A. A. Putra, “Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah,” vol. 14, Oct. 2020, doi: 10.47111/JTI.
  13. M. Ichsan, D. Armiady, and T. Rafli abdillah, “Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Brosur Promosi Fikom Universitas Almuslim Menggunakan Unity,” 2020.
  14. D. Tresnawati, A. Deddy Supriatna, and A. N. Puadi, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Teknik Dasar Pencak Silat untuk Anak Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  15. R. A. Mubarok, A. Deddy Supriatna, and S. Rahayu, “Perancangan Apliaksi Edukasi Pengenalan Alfabet Berbasis Augmented Reality menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” 2021. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  16. A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Elsevier Sciance & Technology Books, 1994.
  17. A. p I. K. Sarasaptiasa s Cecilia, “Pengembangan Multimedia Tutorial Editing Video... Pengembangan Multimedia Tutorial Editing Video Menggunakan Software Corel Video Studio Pro X3 Bagi Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan UNESA,” 2014. [Online]. Available: http://dikti.go.id/index.php?option=com_content&task=