Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemajuan teknologi pada zaman sekarang terus meningkat pesat yang dimana toko atau pengusaha dalam menjalankan bisnis menggunakan teknologi, akan memberikan keuntungan dalam berbisnis. Sedangkan toko yang tidak mempunyai teknologi informasi dalam berbisnis akan mudah tersalip oleh toko lain, seperti halnya di toko Pitbox dimana pada toko tersebut mengalami penurunan penjualan karena tidak adanya teknologi dalam memasarkan produk, sehingga sulit untuk mencapai pelanggan potensial dan kurangnya informasi yang tidak tersampaikan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis website yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu toko Pitbox dalam memasarkan produk aksesoris sepeda motor. Tujuan utama adalah memberikan media pemasaran yang dapat menyampaikan informasi lengkap tentang produk aksesoris sepeda motor kepada konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, design, material collectting, assembly, testing, dan distribution. Teknologi Augmented Reality digunakan untuk mengintegrasikan fitur AR ke dalam aplikasi website yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat aksesoris sepeda motor secara real-time, memberikan informasi lengkap tentang produk, dan meningkatkan pengalaman konsumen dalam memilih dan membeli produk aksesoris sepeda motor.

Kata Kunci

Aplikasi Berbasis Website Aksesoris Sepeda Motor Augmented Reality Multimedia Development Life Cycle Pemasaran Website Based Application Motorcycle Accessories Augmented Reality Multimedia Development Life Cycle Marketing

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, R. E. G. Rahayu, dan R. H. Habib, “Inovasi Pemasaran Aksesoris Sepeda Motor dengan Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 152–160, Mei 2024.

References

Read More