Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemajuan teknologi pada zaman sekarang terus meningkat pesat yang dimana toko atau pengusaha dalam menjalankan bisnis menggunakan teknologi, akan memberikan keuntungan dalam berbisnis. Sedangkan toko yang tidak mempunyai teknologi informasi dalam berbisnis akan mudah tersalip oleh toko lain, seperti halnya di toko Pitbox dimana pada toko tersebut mengalami penurunan penjualan karena tidak adanya teknologi dalam memasarkan produk, sehingga sulit untuk mencapai pelanggan potensial dan kurangnya informasi yang tidak tersampaikan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis website yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu toko Pitbox dalam memasarkan produk aksesoris sepeda motor. Tujuan utama adalah memberikan media pemasaran yang dapat menyampaikan informasi lengkap tentang produk aksesoris sepeda motor kepada konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, design, material collectting, assembly, testing, dan distribution. Teknologi Augmented Reality digunakan untuk mengintegrasikan fitur AR ke dalam aplikasi website yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat aksesoris sepeda motor secara real-time, memberikan informasi lengkap tentang produk, dan meningkatkan pengalaman konsumen dalam memilih dan membeli produk aksesoris sepeda motor.

Kata Kunci

Aplikasi Berbasis Website Aksesoris Sepeda Motor Augmented Reality Multimedia Development Life Cycle Pemasaran Website Based Application Motorcycle Accessories Augmented Reality Multimedia Development Life Cycle Marketing

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, R. E. G. Rahayu, dan R. H. Habib, “Inovasi Pemasaran Aksesoris Sepeda Motor dengan Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 1, hlm. 152–160, Mei 2024.

References

  1. Y. Cahyaningsih, “Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android,” Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), vol. 1, no. 2, pp. 90–115, Aug. 2020, doi: 10.36596/jcse.v1i2.60.
  2. Y. Meisella Kristania, “Sistem Informasi Rental Mobil (Si Robi) Berbasis Web Pada Sewa Mobil Sahabat Purwokerto,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 8, no. 2, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse
  3. A. D. Hidayat and D. Hidayat, “Perancangan Buku Ilustrasi Modifikasi Sepeda Motor Retro Klasik,” eProceedings of Art & Design, vol. 6, no. 1, 2019.
  4. H. Handayani, K. U. Faizah, A. Mutiara Ayulya, M. F. Rozan, D. Wulan, and M. L. Hamzah, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Sofware Development,” Jurnal Testing dan Implementasi Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 29–40, 2023.
  5. D. Tresnawati and I. M. Albani, “Pengenalan Komponen Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, pp. 457–552, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.547.
  6. D. Tresnawati, D. D. S. Fatimah, and S. Rayahu, “The introduction of solar system using augmented reality technology,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1402/7/077003.
  7. G. Enji Sragenia Putra Java et al., “Perancangan Aplikasi Penjualan Ikan Hias Pada Toko Aquascape Di Depok Berbasis Android,” Seminar Nasional Riset dan Teknologi , 2021.
  8. J. Grubert, T. Langlotz, S. Zollmann, and H. Regenbrecht, “Towards pervasive augmented reality: Context-awareness in augmented reality,” IEEE Trans Vis Comput Graph, 2017, doi: 10.1109/TVCG.2016.2543720.
  9. E. B. Santoso and A. Syaichu, “Peningkatan Keterampilan Dalam Pengecoran Limbah Aluminium Untuk Pembuatan Aksesoris Sepeda Motor Berupa Foot Step Bagi Remaja Usia Produktif Di Tulungagung,” Jurnal Abdidas, vol. 1, no. 6, pp. 823–830, Dec. 2020, doi: 10.31004/abdidas.v1i6.185.
  10. I. Kurniawan, M. Rifqi Maulana, C. Yulianto Rusli, and S. Widya Pratama, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Controlling Animated Characters,” Journal Of Informatic and Computer Technologi, vol. 18, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.stmik-wp.ac.id
  11. Yusuf Wahyu Setiya Putra, “Implementasi Augmented Reality pada Produk Laptop sebagai Media Promosi Berbasis Android,” Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 7, no. 2, 2021.
  12. Wikayanto Andrian and B. Lipi, “Terakreditasi SINTA Peringkat 2 Augmented Reality Untuk Media Promosi Hasil Penelitian,” Jurnal RESTI, vol. 1, no. 3, pp. 608–617, 2017.
  13. D. Destiani, S. Fatimah, A. Latifah, and H. Haniyah, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Kata Benda Bahasa Arab pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu,” Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, pp. 781–791, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  14. E. Gunadhi, L. Fitriani, and C. I. Hambali, “Rancang Bangun Teknologi Augmented Reality pada Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia,” Jurnal Algoritma, vol. 18, pp. 473–481, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.itg.ac.id/
  15. A. Sutedi, D. Tresnawati, and R. Faiz, “Perancangan Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, pp. 219–227, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/
  16. R. M. Alfath and S. Eniyati, “Implementasi Metode Image Tracking Pada Katalog Alat Kesehatan (Laboraturium) Menggunakan Augmented Reality berbasis Android,” Sendiu, 2021.
  17. H. Hermawan, R. Waluyo, and M. Ichsan, “Pengembangan Media Pembelajaran Mesin Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Journal of Innovation Information Technology and Application (JINITA), vol. 1, no. 01, pp. 1–7, Dec. 2019, doi: 10.35970/jinita.v1i01.88.